Home / Berita

Senin, 1 April 2019 - 15:55 WIB

Lima WKP Panasbumi Berkapasitas 784 MW Dilelang April Ini

PABUMNews– Sebanyak lima wilayah kerja panasbumi (WKP) dengan total kapasitas 784 MW akan dilelang bulan April sekarang ini.

“Kami sudah mengirim surat lelang kepada Menteri ESDM Ignasius Jonan,” kata Direktur Panasbumi, Ditjen EBTKE, Kementerian ESDM, Ida Nuryatin Finahari seperti dirilis katadata.co.id, Kamis (21/3/2019) lalu.

Kelima WKP tersebut adalah Sembulan di Nusa Tenggara Timur (NTT) berkapasitas 100 MW, Laniea di Sulawesi dengan kapasitas 66 MW, Kotamobagu di Sulawesi Utara 410 MW Telaga Ranu di Maluku Utara 85 MW dan Bora di Palu Sulawesi Tengah dengan kapasitas 123 MW.

Baca Juga  Pembangunan PLTP Patuha-2, Maret 2021 Geo Dipa Mobilisasi Alat Pengeboran

Menurut Ida, pada saat lelang akan tercantum skema tarif listrik (sliding scale) dari masing-masing WKP. Skema tarif ini akan menjadi pegangan bagi pengembang untuk ikut lelang atau tidak.

Skema tarif, lanjutnya, disusun oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN) yang akan membeli listrik dari produsen listrik swasta (independent power producer/IPP) yang menggarap kelima WKP itu.

“PLN nanti menghitung sliding scale. PLN yang menentukan berapa sih kira kira harganya. Jadi misalnya 0-10 MW harganya sekian, lalu kalau produksi meningkat 10-20 MW harga berubah. Draf sliding scale ini harus melalui persetujuan Kementerian ESDM. Setelah disetujui, barulah lelang dapat dilaksanakan,” ujar Ida.

Baca Juga  Indonesia dan Australia Tandatangani Pengembangan Panas Bumi 25 GW

Ida menambahkan, keberadaan sliding scale tarif listrik akan mempersingkat waktu negosiasi tarif sebab pengembang swasta bisa langsung mempertimbangkan apakah ikut lelang atau tidak.

“Selama ini untuk menentukan tarif listrik, PLN dan IPP melakukan negosiasi sehingga memakan waktu. Dengan demikian, skema tarif listrik ini penting untuk memberikan kepastian kepada PLN maupun IPP,” jelasnya. (es)

Berita ini 34 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Panasbumi Indonesia di Mata Bank Dunia

Berita

Rencana Geo Dipa Energi dalam Lima Tahun ke Depan

Berita

Direktur Panasbumi Paparkan Sejumlah Tantangan Pengembangan EBT

Berita

Inilah Sinergi Gereja dan Pemerintah Terkait Rencana Pemanfaatan Panas Bumi Wae Sano

Berita

Panasbumi dalam 3 Tahun, Kapasitas Naik PNPB Pun Lampaui Target

Berita

Tiga Lembaga Kerjasama Lakukan Survei Udara Panasbumi di Ngada

Berita

Pemkab Lampung Barat Berharap Dukungan Arinal-Nunik Kembangkan Panasbumi

Berita

ADPPI Dorong BUMN/IPP Panas Bumi Lakukan Tracing Covid-19 di Area Kerja