Home / Berita

Senin, 4 Desember 2017 - 10:05 WIB

Listrik “Bray-Pret “, Bupati Lebak Minta Panasbumi Gunung Endut Dioptimalkan

Bupati Lebak, Provinsi Banten, Iti Octavia Jayabaya

PABUMNews-Bupati Lebak, Provinsi Banten, Iti Octavia Jayabaya meminta agar Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) segera mengoptimalkan potensi energi panasbumi Gunung Endut, di Kecamatan Sobang, untuk memasok kebutuhan energi listrik Kabupaten Lebak dan sekitarnya.

“Kami minta panasbumi Gunung Endut dapat mengatasi krisis pasokan energi listrik,” katanya di Lebak, Banten, seperti dirilis Antara, Senin (4/12/2017).

Menurut Bupati Lebak, selama ini masyarakat pedalaman Kabupaten Lebak mengeluhkan pemadaman listrik. Bahkan, jaringan listrik mengalami padam hingga berlangsung lama, terlebih curah hujan tinggi.

“Pengoptimalan energi panasbumi di Gunung Endut dihrapkan bisa mengatasi hal tersebut,” katanya.

Bahkan, Iti Octavia yakin, potensi panasbumi di Gunung Endut, bisa memasok energi listrik ke wilayah Provinsi Banten dan DKI Jakarta.

Baca Juga  Sekilas tentang Muhammad Ali, Sofyan Basir dan PLN

“Sayangnya potensi panasbumi tersebut hingga kini belum dioptimalkan oleh Kementerian ESDM,” ujarnya.

Bupati mengatakan pembangunan pembangkit listrik tenaga panasbumi (PLTP) di Gunung Endut akan sangat membantu pasokan jaringan listrik, terutama untuk kebutuhan rumah tangga, industri dan peternakan.

“Sekarang ini wilayah Kabupaten Lebak tumbuh pesat perumahan dan kawasan industri. Hal itu sangat membutuhkan pasokan listrik,” tegasnya.

Sementara itu dari evaluasi Kementerian ESDM tahun 2010 diketahui bahwa potensi panasbumi Gunung Endut memiliki kapasitas 80 MW. Potensi sebesar itu, akan sangat membantu penambahan pasokan energi listrik wilayah Banten-DKI Jakarta.

Baca Juga  DPR Sebut Perhatian Pemerintah terhadap Perusahaan Panasbumi GDE Masih Kurang

Lapangan panasbumi Gunung Endut dicirikan dengan adanya mata air panas yang muncul di beberapa lokasi di daerah Cikawah dan Handeuleum. Mata air panas Cikawah 1 dan Cikawah 2 yang berada di bagian barat kaki Gunung Endut bersuhu 53 – 88? dengan debit sekitar 5 liter/detik.

Hasil penelitian ESDM juga menyebutkan, wilayah prospek panasbumi Gunung Endut mempunyai sarana jalan yang cukup baik. Di sini telah tersedia jalan beraspal yang dapat dilalui oleh kendaraan beroda empat sampai ke kampung-kampung terpencil. Yang perlu mendapat perhatian adalah kondisi jalannya yang sudah banyak mengalami kerusakan akibat hujan, dan sanitasi yang kurang memadai. (Es)

Berita ini 40 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Mott MacDonald: Selain Energi Bersih, PLTP Rantau Dedap Berikan Deviden Sosial yang Langgeng

Berita

Perusahaan Panas Bumi Geo Dipa Bagikan Donasi untuk Masyarakat Pancoran

Berita

Pemerintah Lelang WPSPE Panasbumi Bonjol Pasaman

Berita

Peduli Kelestarian Satwa, PGE Area Lahendong Dukung Rehabilitasi Monyet Yaki di Tomohon

Berita

IIGCE 2019 Bertema: Menjadikan Panasbumi sebagai Energi Hari Ini

Berita

Lelang WKP Galunggung Diperpanjang

Berita

Dibina Star Energy, Petani Jamur di Pangalengan Sukses Olah Limbah Baglog Jadi Bahan Bakar Ramah Lingkungan

Berita

Sengketa Geo Dipa- Bumi Gas, Agar Negara Tak Kehilangan Triliunan, ADPPI Sarankan Menteri ESDM Turun Tangan