Home / Berita

Selasa, 10 Maret 2020 - 13:53 WIB

Meriahkan HUT Kabupaten Madina, Lapangan Panasbumi Sorik Merapi Jadi Medan Pendakian

Kawah hijau di puncak Gunung Sorik Merapi. (*)

PABUMNews – Lapangan panasbumi Sorik Merapi di Kabupaten Mandailing Natal (Madina), Sumatera Utara menjadi medan pendakian untuk memeriahkan HUT Kabupaten Mandailing Natal ke 21.

Kegiatan itu digelar atas kerjasama Taman Nasional Batang Gadis (TNBG), operator panasbumi Sorik Merapi, PT Sorik Merapi Geothermal Power (SGMP) dan Kecamatan Puncak Sorik Merapi.

Sebanyak 34 pendaki ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Mereka dilepas oleh Camat Puncak Sorik Merapi, Akhiruddin Batubara di aula kantor Camat Puncak Sorik Merapi, Sabtu (7/3/2020) malam.

Hadir dalam acara pelepasan, Kasi Wilayah III TNBG, Siti Wahyuna, External Affair PT. SMGP, Krishna Handoyo, Ade Robi, Panduan Wijaya, Kepala Resort TNBG wilayah VI seksi III, Gunawan Sitorus, Kepala Desa Sibanggor Sibanggor Tonga, dan pihak lainnya.

Baca Juga  Arcandra Tahar, Sumber Energi Panasbumi Stabil dan Tidak Terpengaruh Cuaca

“Selain untuk memeriahkan HUT Kabupaten Mandailing Natal, kegiatan ini juga untuk memperkenalkan destinasi wisata Sorik Merapi. Banyak destinasi menarik di kawasan Puncak Sorik Merapi yang hingga kini belum terpublikasikan,” kata Camat.

Hal sama diungkapkan External Affair PT. SMGP, Krishna Handoyo. Menurutnya, perusahaan sangat mendukung kegiatan tersebut apalagi kegiatan itu bisa memperkenalkan destinasi wisata Kecamatan Puncak Sorik Marapi ke seluruh penjuru Indonesia bahkan luar negeri.

Untuk mewujudkan itu semua, PT SMGP akan selalu siap berkolaborasi dengan TNBG, Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Kecamatan sehingga ke depan bisa menjadi tempat wisata kebanggan bagi masyarakat Madina.

Sebagaimana lapangan panasbumi di daerah lainnya, di lapangan panasbumi Sorik Merapi banyak destinasi yang sangat menarik. Di antaranya kawah yang berada di puncak, aliran air panasbumi dan sebagainya.

Baca Juga  Air Panas Gunung Papandayan, Destinasi Wisata di Tengah Hawa Dingin yang Mengigit

Selain itu, di Desa Sibanggor Julu ada kampung yang dijuluki kampung ijuk. Sesuai namanya, kampung itu dihuni masyarakat yang masih mempertahankan ijuk sebagai bahan atap rumah. Dari 350 kepala keluarga, sekitar 70 persennya rumah di kampung itu beratapkan ijuk.

Sementara di puncak Gunung Sorik Merapi, Anda akan memasuki areal dengan pepohonan yang besar berumur ratusan tahun, Anda juga akan bertemu dengan kawah yang cukup luas dengan airnya yang biru berpadu hijau. Dari sini pula Anda bia melihat hamparan kota Sidempuan, Penyabungan dan Sibolga. (es)

Berita ini 47 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Pri Utami Ahli Panasbumi Sampaikan Pemanfaatan Energi Bersih Panasbumi di PBB

Berita

Indonesia Kini Negara Terbesar Kedua dalam Panasbumi

Berita

Wamen ESDM Arcandra: Panasbumi Itu Sepanjang Masa

Berita

Alimin Ginting Usulkan 27 November Ditetapkan sebagai Hari Panasbumi Indonesia

Berita

Banyak Cara Disiapkan PLN Atasi Beban Keuangan
PGE Persembahkan Kado HUT RI

Berita

PGE Persembahkan Kado HUT RI Ke-76

Berita

Rasio Elektrifikasi Nasional Naik, Papua dan NTT Masih Mengkhawatirkan

Berita

Ketua Umum ADPPI Hasanuddin: Energi Terbarukan Jawaban Atas Tantangan Kedaulatan Energi