Catat Ini Istilah dan Pengertian Panasbumi

Catat Ini Istilah dan Pengertian Panasbumi
Salah satu alat Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi di Kamojang Garut ( PABUMNews)

PABUMNews-Banyak istilah-istilah yang tidak di mengerti tentang panasbumi, untuk itu kami sajikan untuk pembaca, semoga bermanfaat

  1. Panasbumi adalah sumber energi panas yang terkandung di dalam air panas, uap air, serta batuan bersama mineral ikutan dan gas lainnya yang secara genetik tidak dapat dipisahkan dalam suatu sistem panasbumi.
  2. Wilayah Kerja Panasbumi adalah wilayah dengan batas-batas koordinat tertentu digunakan untuk pengusahaan panasbumi untuk Pemanfaatan Tidak Langsung.
  3. Izin Panasbumi adalah izin melakukan pengusahaan panasbumi untuk Pemanfaatan Tdak Langsung pada Wilayah Kerja tertentu.
  4. Izin Pemanfaatan Langsung adalah izin untuk melakukan pengusahaan panasbumi untuk Pemanfaatan Langsung pada lokasi tertentu.
  5. Survei Pendahuluan adalah kegiatan yang meliputi pengumpulan, analisis, dan penyajian data yang berhubungan dengan informasi kondisi geologi, geofisika, dan geokimia, serta survei landaian suhu apabila diperlukan, untuk memperkirakan letak serta ada atau tidak adanya sumber daya Panasbumi.
  6. Eksplorasi adalah rangkaian kegiatan yang meliputi penyelidikan geologi, geofisika, geokimia, pengeboran uji, dan pengeboran sumur eksplorasi yang bertujuan untuk memperoleh informasi kondisi geologi bawah permukaan guna menemukan dan mendapatkan perkiraan cadangan panasbumi.
  7. Studi Kelayakan adalah kajian untuk memperoleh informasi secara terperinci terhadap seluruh aspek yang berkaitan untuk menentukan kelayakan teknis, ekonomis, dan lingkungan atas suatu rencana usaha dan/atau kegiatan pemanfaatan panasbumi yang diusulkan.
  8. Eksploitasi adalah rangkaian kegiatan pada Wilayah Kerja tertentu yang meliputi pengeboran sumur pengembangan dan sumur reinjeksi, pembangunan fasilitas lapangan dan penunjangnya, serta operasi produksi panasbumi.
  9. Pemanfaatan Langsung adalah kegiatan pengusahaan pemanfaatan panasbumi secara langsung tanpa melakukan proses pengubahan dari energi panas dan/atau fluida menjadi jenis energi lain untuk keperluan nonlistrik.
  10. Pemanfaatan Tidak Langsung adalah kegiatan pengusahaan pemanfaatan panasbumi dengan melalui proses pengubahan dari energi panas dan/atau fluida menjadi energi listrik.
  11. Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi panasbumi yang diekstrak dari fluida dan batuan panas di dalam atau di permukaan bumi.
  12. Penugasan Survei Pendahuluan (PSP) adalah penugasan yang diberikan oleh Menteri untuk melaksanakan kegiatan Survei Pendahuluan.
  13. Penugasan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi (PSPE) adalah penugasan yang diberikan oleh Menteri untuk melaksanakan kegiatan Survei Pendahuluan dan Eksplorasi.
  14. Wilayah Penugasan adalah Wilayah Terbuka Panasbumi dengan batas-batas koordinat tertentu yang ditawarkan kepada pihak lain untuk dilakukan PSP atau PSPE.
  15. Wilayah Terbuka Panas Bumi adalah wilayah yang diduga memiliki potensi panasbumi di luar batas-batas koordinat Wilayah Kerja.
  16. Komitmen Eksplorasi adalah dana jaminan pelaksanaan pengeboran sumur eksplorasi.
  17. Sumur Eksplorasi adalah sumur yang digunakan untuk membuktikan adanya potensi panasbumi sesuai dengan model tantatif reservoir yang dibuat berdasarkan data geosains pada lokasi prospek baru panasbumi.
  18. Bonus Produksi Panasbumi adalah kewajiban keuangan yang dikenakan kepada pemegang izin panasbumi, pemegang kuasa pengusahaan sumber daya panasbumi, pemegang kontrak operasi bersama pengusahaan sumber daya panasbumi, dan pemegang izin pengusahaan sumber daya panasbumi atas pendapatan kotor dari penjualan uap panasbumi dan/atau listrik dari pembangkit listrik tenaga panasbumi.
  19. Pemanfaatan Jasa Lingkungan Panasbumi adalah pemanfaatan energi panas yang dihasilkan melalui melalui proses atraksi dengan system siklus tertutup (closes loop) yaitu dari bumi kembali ke bumi, dan tidak ada material yang diambil selain energi panas.
  20. Izin Pemanfaatan Jasa Lingkungan Panasbumi (IPJLPB) adalah Izin yang diberikan untuk memanfaatkan panasbumi pada Kawasan Taman Nasional, Taman Hutan Raya, dan Taman Wisata Alam guna kebutuhan listrik.
  21. Konservasi Energi adalah upaya sistematis, terencana, dan terpadu guna melestarikan sumber daya energi dalam negeri serta meningkatkan efisiensi pemanfaatannya.
  22. Energi adalah kemampuan untuk melakukan kerja yang dapat berupa panas, cahaya, mekanika, kimia, dan elektromagnetika.
  23. Sumber Energi adalah sesuatu yang dapat menghasilkan energi, baik secara langsung maupun melalui proses konversi atau transformasi.
  24. Sumber Daya Energi adalah sumber daya alam yang dapat dimanfaatkan, baik sebagai sumber energi maupun sebagai energi.
  25. Kawasan Hutan adalah wilayah ditetapkan oleh Pemerintah untuk keberadaannya sebagai hutan tetap tertentu yang dipertahankan. (as)