Home / Data

Sabtu, 13 April 2019 - 11:45 WIB

Panasbumi Nusa Tenggara Barat Menanti Investor

Kawah Tambora di Nusa Tenggara Barat (sumber foto: Wikipedia)

PABUMNews- Dari catatan pihak Kementerian ESDM, potensi panasbumi di Nusa Tenggara Barat terdapat di tiga titik, yaitu di Hu’u Daha (Kabupaten Dompu), di Sembalun (Kabupaten Lombok Timur) dan di Marongge, Kabupaten Sumbawa Besar. Dua dari tiga titik itu telah ditetapkan menjadi WKP, yakni WKP Hu’u Daha dan Sembalun, sementara panasbumi Marongge masih dalam pengkajian.

WKP Hu’u Daha

Ditetapkan jadi WKP dengan SK 2473 K/30/MEM/2008 tanggal 22-10-2008. Lokasinya berada di Kabupaten Dompu, dengan cadangan terduga 69 MW.

Pemerintah merencanakan panasbumi Hu’u Daha dikembangkan pada tahun 2025 dengan kapasitas 20 MW.

Lokasi panasbumi Hu’u Daha jaraknya sekitar 35 km di sebelah selatan Ibukota Kabupaten Dompu dan dapat dicapai dari ibu Kota Provinsi Mataram dengan menggunakan transportasi darat. Waktu tempuhnya sekitar 12 jam menyeberangi Selat Sumbawa.

Baca Juga  Sertakan Ahli Panasbumi ITB dan UPNVY, PLN Studi Banding ke Selandia Baru

Panasbumi Hu’u Daha memunculkan sumber air panas di banyak tempat di Kabupaten Dompu. Setidaknya ada tujuh sumber air panas yang muncul, yakni di Hu’u sendiri, di Sori Rewa, Lapui, lacoha, Cangga dan sebagainya.

Tahun 2019 ini WKP Hu’u Daha kembali dilelang. Sebelumnya WKP Hu’u Daha dipegang oleh pengembang PT Pacific Geo Energi.

WKP Sembalun

Potensi panasbumi di Sembalun ditetapkan menjadi WKP berdasarkan SK Menteri ESDM No 2848 K/30/MEM/2012 tanggal 27-09-2012. Lokasinya berada di wilayah Kecamatan Suela, Kabupaten Lombok Timur. Rencananya, kapasitas Sembalun akan dikembangkan sebesar 20 MW pada tahun 2025.

Sebagaimana di tempat lain, manifestasi panasbumi Sembalun juga mengeluarkan air panas di beberapa tempat di antaranya di Sebau dengan temperatur 36,5 °C, kemudian di Orok dengan temperatur 23 °C.

Baca Juga  Panasbumi Dieng-Patuha, Tak Putus Dirundung Sengketa (Bagian 1)

Potensi Marongge

Menurut pihak Kementerian ESDM, pnasbumi Marongge memiliki sumber daya hipotesis 6 MW. Tapi pihak Dinas ESDM NTB sempat menyebut sekitar 80 MW. Lokasinya di Kecamatan Marongge Kabupaten Sumbawa Besar.

Panasbumi Marongge memunculkan air panas alami, salah satuya di Desa Maronge sendiri. Sumber air panas tersebut, kini ramai dikunjungi orang, terutama yang akan melakukan pengobatan alternatif.

Menanti investor

Tahun 2017 lalu, investor asal Korea dan Jepang sempat datang ke NTB dan melakukan survei ke lapangan. Namun sayang tak ada kelanjutan.

Pihak Pemprov NTB pun senantiasa mempromosikan potensi panasbumi yang di wilayahnya. Tahun 2017 lalu digelar Investment Forum” dan panasbumi menjadi salah satu sumber daya yang dipromosikan. (es)

Berita ini 170 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Data

Potensi Panasbumi Gunung Kembar

Data

Potensi Panas Bumi Indonesia
Pembangkit Panas Bumi Pertama

Berita

Pembangkit Panas Bumi Pertama Di Seluruh Dunia

Data

WKP Panasbumi Jaboi Kota Sabang

Data

Panasbumi Jambi Ditargetkan COD Tahun 2025

Data

Posisi Indonesia dalam Pertumbuhan Kapasitas Panasbumi Global

Data

Potensi Panasbumi Meranti, Silih Nara dan Simpang Balik Aceh

Data

Daftar Badan Usaha Dikenakan Bonus Produksi Panas Bumi Kepada Daerah Penghasil