Home / Berita

Sabtu, 30 Desember 2017 - 13:41 WIB

Panasbumi Tangkuban Parahu, Jadikan Ciater Objek Wisata Favorit

Salah satu sudut objek wisata Ciater (Foto Istimewa)

PABUMNews-Gunung yang lekat dengan sosok Sangkuriang ini, memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Selain sebagai objek wisata yang menarik dan pas untuk melepaskan penat, sebentar lagi panasbumi di gunung yang terletak di kawasan Bandung Utara, Jawa Barat ini, akan digarap PLN untuk dijadikan sumber energi listrik berkapasitas 60 MW.

Manfaat langsung lainnya dari Tangkuban Parahu adalah adanya aliran air panas alami ke berbagai tempat, di antaranya ke Ciater, Kabupaten Subang. Berkat aliran air panas alami dari gunung ini, sektor wisata di Ciater menggeliat. Nama Ciater pun menjadi terkenal ke seantero Nusantara.

Ciater terletak terlalu jauh dari Gunung Tangkuban Perahu, sekitar 7-8 km. Tak jarang, orang yang sudah mengunjungi Tangkuban Parahu, langsung datang ke Ciater untuk merasakan segarnya berendam di air panas alami di tempat ini.

Baca Juga  Pergantian Operator PLTP Darajat-Salak (Bagian 5 - Selesai)

Alamnya yang hijau dengan hawa yang segar, membuat Ciater pun menjadi objek wisata favorit masyarakat untuk menghabiskan masa liburan. Warga Jakarta atau Bandung yang sehari-harinya sibuk dengan pekerjaan, banyak yang sengaja tinggal di Ciater untuk beristirahat sambil menikmati alam pegunungan yang hijau.

Sebenarnya ada beberapa tempat pemandian air panas di Ciater, di antaranya Cinangka dan Garacia. Namun yang terkenal adalah Sari Ater. Di sini fasilitasnya relatif lebih lengkap.

Di tempat ini beragam fasilitas tersedia untuk untuk memanjakan pengunjung. Ada sarana permainan anak-anak, area out bond, restoran, spa & resources, sarana olah raga, hotel, bungalow, dan yang lainnya. Anda juga tak usah khawatir dengan tempat ibadah. Di sini ada masjid yang bersih dan nyaman untuk menunaikan ibadah shalat.

Baca Juga  Pembangunan PLTP Patuha-2, Maret 2021 Geo Dipa Mobilisasi Alat Pengeboran

Suhu air pemandian di Ciater sekitar 40 derajat Celcius. Dengan suhu cukup panas ini, air panas alami Ciater memang sangat menggoda. Hawa Ciater cukup dingin, sehingga akan terasa nikmat jika berendam di air panas alami yang jernih di kolam pemandian.

Tak cuma itu, air panas Ciater pun mengandung banyak mineral. Di antaranya  calsium, magnesium, chloride, dan sulfat. Konon mineral-mineral tersebut sangat baik bagi kesehatan tubuh. Anda yang memiliki gangguan rematik atau penyakit kulit, bisa mencoba khasiat air panas Ciater.

Objek wisata Ciater pun mendapat perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Subang. Lokasinya cukup bersih dengan kawasan cukup terawat. Ada sejumlah petugas yang ditempatkan di sana.

Selamat berwisata. (Es)

Berita ini 321 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

PLN akan Peroleh 8 WKP Tambahan

Berita

Panasbumi akan Menjadi Alternatif Utama di Masa Depan

Berita

Pri Utami Ahli Panasbumi Sampaikan Pemanfaatan Energi Bersih Panasbumi di PBB

Berita

Medco Mulai Pengeboran Eksplorasi Panas Bumi Blawan Ijen

Berita

Face Shield, APD Wajib di Lingkungan Ditjen EBTKE untuk Cegah Covid-19

Berita

Tarif Listrik, Kendala Sosial dan Isu Lingkungan Menghambat Pengembangan Panasbumi

Berita

Pembelian Asset Chevron oleh Star Energy, Transaksi Terbesar di Asia Tahun 2017

Berita

Nenny Saptadji, Satu-satunya Ahli Panasbumi dari Asia yang Menyabet Penghargaan WING