Home / Berita

Minggu, 9 Desember 2018 - 14:14 WIB

Pemandian Air Panas Ciparay Bogor, Pesona Indah di Dasar Lembah

sumber foto: hayukabogor.id

PABUMNews- Pemandian air panas Ciparay, terletak di Kampung Ciparay di kawasan Gunung Salak Endah, Kabupaten Bogor. Pemandian ini menyuguhkan pesona alam indah dan tenang.

Pemandian air panas Ciparay letaknya dihimpit bebukitan dan tebing-tebing tinggi. Sejauh mata memandang, hanya pepohonan hijau, gunung dan hamparan areal pertanian yang kita lihat. Tak ada deru kendaraan, yang terdengar hanya gesekan dedaunan dimainkan angin dan gemericik air.

Air panas Ciparay dipanaskan oleh panasbumi Gunung Salak. Diketahui, panasbumi dari kawasan ini sudah dimanfaatkan untuk energi listrik oleh Chevron sebelum diakuisisi oleh PT Star Energy.

Lepas dari itu, bagi Anda warga perkotaan yang setiap hari dijejali kebisingan, objek wisata pemandian Ciparay sangat direkomendasikan.

Untuk menuju ke Pemandian Ciparay, kita harus melalui jalan kecil terlebih dahulu dari jalan utama. Kendati demikian, kendaraan roda empat bisa lewat.

Baca Juga  ADPPI: Ketidakpastian Regulasi Panas Bumi Disengaja Untuk Mempertahankan Energi Tak Terbarukan

Ketika sampai di pintu masuk yang bertertuliskan “Selamat Datang Di Obyek Wisata Pemandian Air Panas Gunung Salak Endah Bogor”, Anda akan “disambut” jalan menurun dengan titian ratusan anak tangga. Di bawah itulah lokasi pemandian. Oleh karena itu, perjalanan untuk mencapai pemandian, tentu kesempatan bagi Anda untuk membakar kalori.

Setelah menuruni banyak anak tangga, mata Anda akan memenukan aliran sungai yang dipenuhi bebatuan berwarna. Itulah Sungai Cukuluwung yang airnya mengandung belerang. Mungkin akibat belerang itulah, maka bebatuan di alirang Cikuluwung jadi berwarna.

Keberadaan Sungai Cikuluwung memang melengkapi keindahan objek wisata Ciparay. Letaknya di dasar lembah yang diapit dua bukit. Di atas sungai membentang sebuah jembatan yang menghubungkan kedua bukit tersebut. Memandangi keindahan dua bukit dengan “hiasan” penghubung jembatan sambil duduk di atas bebatuan di Sungai Cikuluwung, dijamin Anda tak akan bosan.

Baca Juga  Tanuhi, Pemandian Air Panasbumi di Tanah Dodol Kandangan

Di pemandian Ciparay ada beberapa kolam air panas yang bisa dinikmati, di antaranya kolam kecil tempat merendam, pancuran yang dialirkan ke Sungai Cikuluwung, kemudian kolam yang agak besar yang letaknya di atas kolam kecil. Di kolam besar ini ada sejumlah kamar pemandian untuk Anda yang ingin mandi secara tertutup.

Di Ciparay pun ada kolam pijat ikan, atau yang dikenal kolam relaksasi ikan. Tinggal menyelupkan kaki ke kolam, ikan langsung akan menggelitik kaki Anda.

Bagi Anda yang ingin menginap, di sini tersedia rumah-rumah atau pondokan yang bisa Anda sewa.

Jika Anda berasal dai Jakarta dan ingin menikmati keindahan air panas Ciparay, sebaiknya berangkat subuh agar terhindar dari kemacetan lalulintas di Kota Bogor yang akan Anda lewati. (es)

Berita ini 206 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Siap-siap, Lapangan Kerja di Sektor EBT akan Makin Meningkat

Berita

Energi Panasbumi Indonesia Tak Ganggu Muka Air Tanah dan Ramah Lingkungan, Ini Penjelasan Sekum ADPPI

Berita

Ini 17 Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) di Indonesia
Pemandian Air Panas Terbaik Dunia

Berita

Destinasi Wisata Panas Bumi Curug Cipanas Nagrak

Berita

Climeworks, Sukses Produksi Listrik dari CO2 dengan Panabumi

Berita

Talagabodas, Objek Wisata Panasbumi dalam Keheningan Pegunungan

Berita

Pemerintah Pangkas Target Kapasitas PLTP Tahun 2025 Hingga 50 Persen

Berita

Tahun 2017, Produksi Listrik Geo Dipa Energi Naik 30 %