Home / Berita

Sabtu, 2 Desember 2017 - 14:15 WIB

Pemandian Air Panas Ciwalini, Berkah Panasbumi Patuha

Pemandian air panas Ciwalini

PABUMNews-Panasbumi Gunung Patuha di Kabupaten Bandung, tak hanya menganugerahi kita energi listrik yang bersih, tapi juga air panas yang sekarang dijadikan destinasi wisata. Salah satunya adalah Pemandian Air Panas Ciwalini.

Kolam air panas ini berada di kawasan wisata Kawah Putih dan Situ Patenggang. Berlatar Perkebunan Teh Ranca Bali, Ciwidey, yang dikelola PTPN VIII, hawa di sekitar pemandian Ciwalini sangat sejuk.

Sebagaimana objek wisata air panas lainnya, di pemandian Ciwalini pun tersedia kolam-kolam pemandian bersama. Di sini Anda bisa berendam atau berenang. Yang menarik, di sini pun tersedia sarana bermain water boom yang sangat disukai anak-anak. Anda bisa mengajak anak-anak bermain di bawah siraman air panas yang dijatuhkan dari atas.

Selain kolam pemandian terbuka, di pemandian air panas Ciwalini tersedia pemandian tertutup berupa kamar mandi. Airnya mengalir deras dan sangat jernih. Tak tercium sedikit pun bau belerang. Nah jika Anda tak suka berada mandi di tengah keramaian, kamar mandi tertutup ini bisa Anda gunakan.

Jika Anda lelah, beristirahatlah di saung beratap rumbia yang ada di pinggir kolam. Di sini Anda bisa membuka bekal makanan yang Anda bawa dari rumah. Bagi Anda yang tak membawa bekal, jangan khawatir kelaparan, di objek wisata Ciwalini tersedia rumah makan yang harganya bisa dijangkau dengan isi kantong yang sedang pas-pasan.

Baca Juga  Pemerintah Diminta Selesaikan Sengketa PLTP Dieng-Patuha

Danang, warga Ujungberung, Kota Bandung, salah seorang pengunjung yang sedang duduk di saung, mengatakan, ia dan keluarganya sudah tiga kali datang ke pemandian air panas Ciwalini. Pegawai swasta ini mengatakan, sebagaimana objek wisata air panas lainnya yang berada di kawasan pegunungan, objek wisata Ciwalini pun berhawa sejuk. “Jauh beda dengan hawa Ujungberung yang kini terasa agak panas dan penat,” ungkapnya.

Menurutnya, perjalanan ke Ciwalini juga merupakan hal yang sangat menarik. Sepanjang jalan disuguhi pemandangan alam pedesan yang alami. Ketika perjalanan sudah dekat ke objek wisata Ciwalini, pengunjung disuguhi pemandangan hijau berupa hamparan perkebunan teh.

“Biasanya kalau pulang saya pasti membawa oleh-oleh Teh Walini untuk dibagikan ke tetangga atau kerabat dekat,” kata Danang.

Teh Walini adalah salah satu merk teh hasil perkebunan PTPN VIII. Penghoby teh mungkin sudah tak asing lagi dengan merk teh yang tersedia dalam berbagai ukuran ini.

Selain pemandian air panas, objek wisata Ciwalini juga menyediakan sarana bermain lainnya. Di antaranya flying fox x-treme. Dengan sarana ini Anda bisa “melayang” di ketinggian 400 meter. Tapi Anda yang takut ketinggian, jangan khawatir, di sini ada juga flying fox mini yang ketinggiannya di bawah 100 meter.

Baca Juga  Archandra Tahar: "Panasbumi Ramah Lingkungan"

Kemudian ada juga ATV Tea Tour. Dengan kendaraan ini Anda ingin berkeliling menyusuri perkebunan teh yang hijau dan sejuk.

Anda yang senang balap, di sini tersedi juga Go Cart. Dengan mesin berkekuatan 90 cc, kendaraan ini bisa Anda pacu dari 3 hingga 5 lap.

Selain itu ada juga motocross yang bermesin 50cc. Anda bisa menggunakan sepeda motor balap ini untuk 3 lap.

Jika Anda ingin bersantai, di sini ada penyewaan sepeda yang bisa digunakan untuk menyusuri perkebunan teh seperti pengguna ATP.

Tak jauh dari Objek Wisata Walini, terdapat PLTP Patuha yang dikelola PT Geo Dipa Energi. Potensi panasbumi Patuha merupakan yang terbesar di Jawa Barat, yakni sekitar 400 MW. Pembangkit listrik ini, terletak di atas lahan milik Perhutani dan PTPN VIII.

Seperti diketahui, PLTP Patuha merupakan objek vital nasional untuk mendukung pencapaian kapasitas 35.000 MW yang dicanangkan oleh pemerintah. (es)

Berita ini 37 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Inilah Lima Negara Paling Komit dengan Energi Terbarukan

Berita

Pemerintah Tawari PLN Pengembangan Panasbumi 160 MW di Enam WKP

Berita

Tahun 2020 Tersisa Empat Bulan, Pemerintah Tetap Optimis Target Penambahan 140 MW Tercapai

Berita

Penandatanganan 1.189,67 MW EBT, Bisa Turunkan CO2 Sebesar 4,76 Juta Ton

Berita

Star Energy Targetkan Kapasitas 1.200 MW Tahun 2028

Berita

Air Panas Gunung Talang Menghangatkan Dunia Wisata Solok

Berita

Lima WKP akan Dilelang, Koordinasi dengan Pemda Diperkuat

Berita

Menengok Tomohon, Kota Panas Bumi di Indonesia Timur