Home / Berita

Jumat, 10 November 2017 - 12:20 WIB

Pemandian Air Panas Sangkanhurip Kuningan, Segar dan Menyehatkan

Seluncuran naga di pemandian Sangkanhurip

PABUMNews-Pemandian air panas Sangkanhurip berada di Desa Sangkanurip, Kecamatan Cigandamekar, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat.

Sebagaimana air panas alami lainnya, air panas Sangkanhurip pun tak cuma sebagai tempat wisata, tapi juga tempat melakukan terapi kesehatan. Air panas Sangkanhurip dipercaya bisa menyembuhkan rematik, pegal-pegal dan linu tulang sendi. Selain itu, karena memiliki kandungan belerang, air Sangkanurip juga dipercaya bisa menyembuhkan penyakit kulit.

Lepas dari khasiatnya, sebagai tempat wisata Sangkanhurip memang tak akan mengecewakan pengunjung. Pemandian ini menyuguhkan panorama alam yang indah. Dengan latar belakang Gunung Ciremai, kemudian pepohonan yang tumbuh di area pinggir kolam yang hijau, membuat Sangkanhurip menjadi destinasi wisata alami yang menyehatkan.

Yang unik di lokasi ini adalah keberadaan kolam seluncuran naga. Pengelola memang kreatif. Tempat meluncur ini dibenuk menjadi sebuah naga dengan lidah yang menjulur. Nah lidah naga itulah tempat kita meluncur.

Baca Juga  Garap 8 WKP, Lima Perusahaan Panasbumi Masuki Tahap Pra Joint Venture dengan PLN

Di sisi kiri kolam luncuran naga, pengelola menyediakan sejumlah tempat duduk dari tembok yang dilindungi payung-payung peneduh. Jadi Anda bisa duduk di sini untuk bersitirahat sambilĀ  menyaksikan keluarga Anda bermain di kolam.

Berbagai fasilitas tersedia di Sangkanhurip, di antaranya kolam renang air dingin, tempat bilas, toilet umum, mushola, tempat makan, gazebo, tempat duduk, panggung hiburan dan masih banyak lagi. Kebersihannya pun terjamin sehingga Anda akan merasa nyaman bila datang ke tempat ini.

Anda yang ingin menginap, di tempat ini bisa memilih penginapan sesuai selera. Ada hotel berbintang hingga penginapan murah meriah.

Baca Juga  Panasbumi Indonesia di Mata Pengusaha Prancis

Lokasi pemandian air panas Sangkanhurip bisa ditempuh menggunakan kendaraan pribadi ataupun kendaraan umum. Dari Kota Kuningan pengunjung bisa langsung menempuh jalur menuju Kecamatan Cigandamekar. Di sepanjang jalan akan ada petunjuk yang mengarah ke lokasi pemandian air panas.

Ketika memasuki kawasan Cigandamekar, pengnjung akan melewati jalan sedikit menanjak. Di kanan kirinya terdapat persawahan dan perkebunan milik warga.

Air panas Sangkanhurip berasal dari kawasan Gunung Ciremai. Gunung tertinggi di Jawa Barat ini pernah meletus beberapa kali dan meninggalkan sejumlah kawah sebagai bekas letusan. Panasbumi Gunung Ciremai rencananya akan digarap oleh Pertamina Geothermal Energy, anak usaha PT. Pertamina karena Chevron, sebagai pemegang WKP Ciremai telah mengundurkan diri dan mengembalikan WKP Ciremai kepada pemerintah. (Es)

Berita ini 9,298 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Nenny Saptadji Raih Penghargaan Women in Geothermal

Industri

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk Lepas 25 Persen Saham ke Publik

Berita

Geo Dipa dan Ide PLN Mencaplok Pertamina

Berita

Kawah Ijen, Kaldera yang Mendunia

Berita

Pemerintah Lelang Tiga WKP: Galunggung, Wilis dan Lainea

Berita

Ketum ADPPI: RUU EBT Belum Memadai Atur Panasbumi

Berita

Geo Dipa Beberkan Kronologis Sengketa dengan Bumigas
Pemandian Air Panas Terbaik Dunia

Berita

Destinasi Wisata Panas Bumi Curug Cipanas Nagrak