Home / Berita / DirectUse

Jumat, 20 Agustus 2021 - 11:43 WIB

Pemandian Air Panas Terbaik Dunia (Seri 1)

Destinasi Wisata Panas Bumi Curug Cipanas Nagrak

Destinasi Wisata Panas Bumi Curug Cipanas Nagrak

PABUMNews – Dari ratusan pemandian air panas alami ada beberapa pemandian air panas yang termasuk kategori terbaik di dunia. Kategori terbaik ini berdasarkan keindahan alam yang ada di sekitar mata air panas tersebut.

Pemandian air panas merupakan salah satu manifestasi permukaan panas bumi. Mata air panas merupakan fluida panas yang keluar dari reservoir melalui celah batuan dan muncul di permukaan. Sebuah mata air di kelompokan sebagai mata air panas karena mata air tersebut memiliki temperatur atau suhu di atas mata air biasa.

Di Indonesia maupun dunia mata air panas banyak dimanfaatkan sebagai destinasi wisata. Selain keindahan alam, wisatawan dapat menikmati segarnya berendam di air panas alami. Berikut ini adalah 5 Pemandian air panas terbaik di dunia menurut versi PABUMNews.

Baca Juga  Terbawa Hujan, Lumpur 'Cut And Fill'  PLTP Baturaden  Kotori Sungai Prukut

Banjar Hot Spring, Bali, Indonesia

Banjar Hot Spring atau air panas banjar merupakan area destinasi favorit wisatawan, baik lokal maupun internasional, yang berkunjung ke Bali Utara. Pemanfaatan mata air panas ini sudah untuk ratusan tahun yang lalu. Modernisasi fasilitas yang berpadu dengan eksotisme pulau Dewata membuat air panas Banjar sangat nyaman bagi wisatawan. Banjar Hot Spring memiliki struktur kolam yang berjenjang. Teras pertama memiliki delapan pancuran naga yang diperuntukkan untuk kolam rendam.  Teras kedua merupakan kolam dengan kedalaman dua meter, kolam ini bisa digunanakan untuk berenang. Sedangkan teras ketiga merupakan tiga pancuran peninggalan Jepang yang sangat cocok untuk pijat alami.

Banjar Hot Springs | Lovina Guide

Banjar Hot Spring (doc. Lovina)

Pamukkale Travertines, Turki

Pamukkale Travertines meruakan salah satu destinasi wisata utama di Turki. Tempat wisata ini berada di Provinsi Denizli. Lokasi ini berada di bawah kota kuno Yunani – Hierapolis yang masih terawat hingga saat ini. Pamukkale adalah istilah dalam bahasa Turki, artinya Kastil Kapas atau benteng kapas. Penyebutan tersebut karena mata air panas di tempat ini mengalir pada komam air yang tersusun berundak-undak, seolah-olah membentuk teras-teras bertingkat seperti pesawahan terasering di Bali. Teras-teras tersebut terbentuk dari batuan trevertine, batuan ini terbentuk dari deposisi batu kapur yang terbawa oleh air panas bumi

Visit Pamukkale: A Turkey Travel Guide (2021) | Will Fly for Food

Pamukkale Travertine (doc. willflyforfood)

Cascate del Mulino, Italy

Cascate del Mulino, merupakan kolam pemandian alami paling terkenal di Tuscany Selatan. Terdiri dari beberapa kolam alami air panas hangat. Tempat ini merupakan kolam terbuka yang terbuka untuk umum. Pengunjung dapat menikmati kolam ini secara gratis sepanjang tahun.

Cascate Del Mulino: The Natural Spa of Saturnia, Italy – The Vale Magazine

Cascate Del Mulino (doc. thevalemagazine)

Berita ini 91 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Kewenangan Ijin Panas Bumi di Tangan Pusat Tak Mengurangi Manfaat untuk Daerah

Berita

Pemerintah Tawari PLN Pengembangan Panasbumi 160 MW di Enam WKP
Lapangan Panas bumi Salak

Berita

Kendala Sosial Panas Bumi: Indonesia Perlu Geothermal Task Force

Berita

Disumbang 15 PLTP, Kapasitas Panasbumi Indonesia Jadi 2,088,5 MW Akhir 2019

Berita

Terkait Pandemi, Tahun Ini Forum Panas Bumi IIGCE Diganti dengan DIIGC

Berita

Ini Penjelasan Bumigas dan KPK Terkait Surat Deputi Bidang Pencegahan ke Geo Dipa

Berita

Empat Perusahaan Panas Bumi Raih Anugerah PROPER Emas KLHK

Berita

Pemerintah Siapkan PP Pemanfaatan Langsung Panas Bumi