Home / Berita

Senin, 28 Agustus 2017 - 13:20 WIB

Pengembangan Panasbumi Seulawah “Project Pilot” Keterlibatan Daerah

Sumber foto: ebtke

PABUMNews – Proyek Pembangkit Listrik Panasbumi (PLTP) Seulawah, Aceh, yang selama delapan tahun tertunda, tahun 2017 ini akan mulai digarap. PT. Geothermal Energy Seulawah (GES) yang merupakan perusahaan penggarap panasbumi Seulawah, akan memulai tahapan survei dan eksplorasi pada tahun 2017 ini juga.

PT GES merupakan perusahaan patungan antara Pemerintah Provinsi Aceh yang diwakili Perusahaan Daerah Pembangunan Aceh (PDPA) dengan PT. Pertamina Geothermal Energy, anak perusahaan PT Pertamina. GES didirikan khusus untuk menggarap panasbumi Seulawah dengan komposisi saham Pemprov Aceh (PDPA) 25 % dan PT PGE selaku pemenang tender pengusahaan panasbumi Seulawah sebesar 75 %.

Pengembangan panasbumi Seulawah merupakan proyek percontohan (pilot project) dalam pengembangan panasbumi di Indonesia dalam Scheme Public Private Partnership (SPPP). Skema yang digulirkan Bappenas ini ada keterlibatan pemerintah daerah (Pemerintah Aceh).

Seperti diketahui, penandatanganan ShareHolder’s Agreement antara Pemerintah Aceh melalui PDPA dan PT. PGE dalam pengusahaan panasbumi Seulawwah telah dilakukan pada tahun lalu, tepatnya tanggal 10 Mei 2016 di Pendopo Pemprov Aceh.

Baca Juga  Terkait Penolakan SP PLN, Ini Tanggapan Pertamina

Perjanjian kerjasama ditandatangani oleh Direktur Utama PDPA, Muhsin dan Direktur Utama PT PGE, Irfan Zainuddin dengan disaksikan Gubernur Aceh Zaini Abdullah (Gubernur periode lalu) serta Direktur Utama PT. Pertamina (Persero) Dwi Soetjipto.

Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Aceh T Syakur, menjelaskan, Pertamina sebagai pemilik modal dan pemenang tender memiliki saham sebesar 75 persen, sedangkan PDPA mendapatkan saham 25 persen persen yang sebagian besar saham PDPA tersebut bersumber dari dana hibah Pemerintah Jerman melalui KfW (Kreditantstalt Fur Wiederaufbau).

Syakur menjelaskan, keterlibatan PDPA selaku BUMD Aceh yang bermitra dengan PT. Pertamina selaku pemenang lelang merupakan konsep Bappenas dengan skema Public Private Partnership untuk memberdayakan perusahaan daerah dan terlibat langsung dalam bisnis yang konkret.

Ia mengatakan, pola kemitraan Pertamina dengan PDPA dalam mengelola PLTP Seulawah Agam merupakan yang pertama di Indonesia dan menjadi pilot proyek nasional.

“Jika kemitraan ini berhasil, berarti perusahaan daerah mampu menjadi perusahaan yang mapan, dan pola ini akan dijadikan model seluruh Indonesia oleh Bappenas,” katanya pula.

Baca Juga  Wahana Panasbumi, Zona Baru di Taman Pintar Yogyakarta

Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) Seulawah Agam diperkirakan memiliki potensi sampai dengan 165 MW. Untuk tahap awal, direncanakan survei dan eksplorasi untuk menyusun pembangunan PLTP unit I berkapasitas sekitar 55 MW.

Sementara itu, Gubernur Aceh Irwandi Yusuf meminta agar proyek panasbumi Seulawwah selesai dalam jangka waktu empat tahun. Irwandi berharap, dalam jangka aktu tersebut PLTP Seulawah telah COD.

Menanggapi permintaan Gubernur, Dirut PT Pertamina Geothermal Energy, Irfan Zainuddin mengatakan, berdasarkan pengalaman PT Pertamina dalam proyek yang sama di Sulawesi dan Sumatera Selatan, pelasanaan proyek panas bumi berlangsung antara 5-6 tahun. Namun ia mengatakan, tak menutup kemungkinan permintaan Gubernur Aceh bisa direalisasikan dengan catatan adanya dukungan masyarakat.

Dukungan dari masyarakat sangat kita harapkan dan tidak ada masalah dalam pembebesan lahan, sehingga proses ini bisa berjalan lebih cepat, kata Irfan seraya menambahkan, kegiatan survei dan eksplorasi Seulawah akan dilakukan setelah ada izin. “Targetnya tahun 2017 juga,” ujar Irfan.(ES)

Berita ini 92 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Target Bauran Energi Nasional

Berita

Pemerintah Mencari Mahasiswa Untuk Gerilya, Berminat?

Berita

Pergantian Operator PLTP Darajat-Salak (Bagian 1)

Berita

Air Panas Nagrak Tangkuban Parahu, Pemandian di Keheningan Alam

Berita

IndoEBTKE ConEx 2017 Digelar Mulai Hari Ini

Berita

Djibouti Minta Bantuan Indonesia Kembangkan Panasbumi

Berita

Geo Dipa Beberkan Kronologis Sengketa dengan Bumigas

Berita

Selain Bersih, Panasbumi Penting untuk Kedaulatan Energi

Berita

Pemerintah Siapkan 9 Strategi Pengembangan Panas Bumi