Home / Berita

Jumat, 31 Agustus 2018 - 12:27 WIB

PLN Sosialisasikan Pengembangan Panasbumi Danau Ranau

PABUMNews- Hari ini (Jumat/31/8/2018) PT. PLN (Persero) menggelar sosialisasi rencana pengembangan potensi panasbumi Danau Ranau, Kecamatan Lumbok Seminung, kepada Pemkab Lampung Barat dan Pemprov Lampung, di Hotel Sheraton, Bandar Lampung.

Kepala Bappeda Lampung Barat, Okmal, berharap sosialisasi ini berlanjut menjadi aksi sehingga potensi energi Danau Ranau bisa dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, Lampung Barat masih sangat kekurangan daya listrik sehingga pengembangan potensi panasbumi Danau Ranau menjadi harapan besar masyarakat untuk menjawab kebutuhan listrik tersebut.

Seperti diketahui, WKP Danau Ranau yang terletak di Kabupaten Lampung Barat itu, menjadi milik PT PLN setelah perusahaan pelat merah tersebut mendapatkan penugasan dari Kementerian ESDM.

Baca Juga  Pembangunan PLTP Hululais 1 dan 2 Terkendala Aturan TKDN, Gubenur Rohidin Mersyah Siap Carikan Solusi

Lelang WKP Danau Ranau sebenarnya dibuka sejak Agustus 2015 lalu. Namun saat itu pendaftar lelang hanya satu perusahaan yakni PT Sari Prima Energi sehingga proses lelang harus diulang.

Dari data Kementerian ESDM diketahui bahwa WKP Danau Ranau memiliki cadangan terduga 210 MW, namun memiliki kapasitas pengembangan hanya 55 MW.

WKP Danau Ranau merupakan penugasan terbaru yang diterima PLN dari pemerintah bersama WKP Gunung Sirung 5 MW dan Oka Ile Ange 10 MW.

Baca Juga  Stop PLTU Batu Bara, Kembangkan EBT

Sebelumnya PLN juga telah mengantongi izin untuk mengelola delapan WKP, antara lain WKP Mataloko 22,5 MW, Atedei 10 MW, dan Ulumbu 50 MW di Nusa Tenggara Timur, Songa Wayaua 10 MW di Maluku Utara, Gunung Tangkuban Perahu 60 MW di Jawa Barat, Tulehu 2×10 MW di Ambon, Ungaran 55 MW di Jawa Tengah, dan Kepahiang 110 MW di Bengkulu.(es)

Berita ini 373 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Geo Dipa Energi dan Supreme Energy Raih Subroto Award 2023

Berita

Sri Mulyani : Pemanfataan Panasbumi Mendukung Ketahanan Energi Nasional

Berita

Pengembangan Panasbumi Terkendala Harga Jual Listrik dari PLTP

Berita

Mengungkap Rata-rata Kedalaman Sumur Panas Bumi di Indonesia

Berita

Dari Forum Energi Muda: Batubara Hasilkan CO2, Reneweble Energy Harga Mati

Berita

PLN Terbitkan Undangan Lelang untuk Empat Wilayah Kerja Panas Bumi di Indonesia

Berita

Pemkab Lampung Barat Berharap Dukungan Arinal-Nunik Kembangkan Panasbumi

Berita

Pemanfaatan Panasbumi Gunung Gede Pangrango Jawa Barat Masuki Tahap Pembebasan Lahan