Home / Berita

Kamis, 19 Desember 2019 - 11:43 WIB

Potensi Energi Hijau Panasbumi di Ibu Kota Baru

Presiden RI Joko Widodo di lokasi yang akan dijadikan kompleks pemerintahan dan istana kepresidenan di ibu kota baru, Kalimantan Timur (Foto: Antara).

PABUMNews – Kalimantan Timur telah ditetapkan sebagai lokasi untuk ibu kota baru. Wilayahnya berada di satu lokasi yang sebagian masuk ke Kabupaten Panajam Paser Utara, sebagian lagi ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Presiden Jokowi pun telah menetapkan Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, sebagai lokasi untuk kompleks pemerintahan, termasuk istana kepresidenan.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan ibu kota baru membutuhkan tambahan pembangkit listrik dengan total kapasitas 1.555 megawatt (MW). Kebutuhan kapasitas listrik itu untuk menjamin keandalan pasokan dengan cadangan daya 30 persen.

Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Rida Mulyana, mengatakan, berdasarkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik (RUPTL) PT PLN (Persero) 2019-2028, tambahan pembangkit sampai dengan 2024 di Kaltim hanya 691 MW sehingga diperlukan tambahan pembangkit baru sekitar 864 MW di wilayah tersebut.

Baca Juga  Sepakat Tolak IPO PGE, Simak Deklarasi Federasi Serikat Pekerja Pertamina

“Untuk menjamin pasokan listrik, diperlukan tambahan pembangkit baru yang berlokasi dekat atau berada di Provinsi Kalimantan Timur,” ujar Rida Agustus 2019 lalu.

Rida juga menyebut, untuk memasok listrik ke ibu kota baru, akan dibangun pembangit energi baru terbarukan (EBT) untuk mengurangi dominasi pembangkit uap yang berbahan bakar batubara.

Terkait EBT, Kalimantan Timur, khususnya Kabupaten Kutai Kartanegara memiliki potensi energi panasbumi. Dari catatan Kementerian ESDM, potensi tersebut setidak tedapat di dua titik yaitu di Dondang dan Sungai Batuq. Keberadaan panasbumi di kedua daerah tersebut di antaranya dicirikan dengan munculnya air panas alami dari perut bumi.

Potensi Dondang

Dondang masuk wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara. Dari hasil survei pendahuluan, potensi panasbumi di tempat ini mencapai 10 MW (spekulatif). Survei dilakukan oleh pihak Kementerian ESDM pada tahun 2014.

Air panas Dondang di antaranya muncul di Handil II, Muara Jawa yang muncul di tanah pribadi milik salah seorang warga bernama Fatmawati.

Baca Juga  Ketum ADPPI Hasanuddin: “Kepastian Sosial Pengusahaan Panasbumi Tugas Pemerintah"

Pamandian air panas ini keberadaannya masih sederhana. Namun pihak pengelola, Fatmawati, telah menyediakan kamar-kamar rendam untuk warga yang ingin mandi air panas.

Potensi Batuq

Daerah Batuq, masih termasuk wilayah Kutai Kartanegara, memiliki potensi panasbumi 7 MW (spekulatif).

Seperti juga di Dondang, keberadaan panasbumi di Batuq dicirikan dengan munculnya air panas dari perut bumi. Menurut pihak peneliti dari Kementerian ESDM, mata air panas Batuq terletak pada zona partial equilibrium, yang mengindikasikan bahwa air panas ini berasal dari kedalaman.

Guru Besar Universitas Mulawarman, Prof Dr Daddy Ruchyat sempat menyoroti potensi panasbumi di Kalimantan Timur. Menurutnya, Pemprov Kalimantan Tmur perlu mengakomodir energi alternatif panasbumi sebagai energi hijau yang ramah lingkungan.

Menurut Daddy, panasbumi masuk dalam kelompok energi hijau karena tidak berdampak terhadap lingkungan, sementara beberapa energi alternatif dalam kelompok EBT, dimungkinkan masih berdampak terhadap lingkungan. (es)

Berita ini 532 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Masyarakat NTT Berharap Proyek Panasbumi di Flores Segera Direalisasikan

Berita

Hasanuddin: Panasbumi Jangan Jadi Kambing Hitam Penurunan Status CA Papandayan dan Kamojang

Berita

Luhut Minta Sebagian Porsi Penugasan di PLN Dialihkan ke Swasta

Berita

Penundaan Pengeboran Sebabkan Investasi Panasbumi Tak Penuhi Target

Berita

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Jelaskan Dampak Positif PLTP Blawan Ijen untuk Daerahnya

Berita

Dirjen EBTKE Rida Mulyana Optimis Target Kapasitas Panasbumi Tercapai

Berita

Hivos Siap Kembangkan Panasbumi Flores Tahun 2019

Berita

Pemandian Air Panas Ciparay Bogor, Pesona Indah di Dasar Lembah