Home / Berita / Data / Nasional

Rabu, 11 Agustus 2021 - 09:33 WIB

Potensi Panas Bumi Cisolok, Geyser-nya Indonesia

Manifestasi Air Panas Cisolok

Manifestasi Air Panas Cisolok

PABUMNews – Potensi panas bumi Cisolok berlokasi daerah Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Lokasi potensi panas bumi ini berjarak ~150 Km dari Jakarta. Status potensi Cisolok sudah menjadi wilayah kerja sejak tahun 2007 melalui SK-WKP No. 1937 K/30/MEM/2007 oleh Kementerian ESDM dengan luas 15.580 Ha.

Berdasarkan buku terbitan Kementerian ESDM, cadangan terduga WK Cisolok-Cisukarame adalah 45 MW. Potensi ini berada di dua titik yaitu Cisolok (97) dan Cisukarame (95).

Pada tahun 2009, WK Cisolok-Cisukarame pernah di lelang-kan dengan PT Jabar Rekind Geothermal sebagai pemenangnya. Namun saat ini sudah kembali ke tangan pemerintah.

Tahun ini (2021), pemerintah berencana untuk melakukan evaluasi lapangan ini karena pemerintah berencana akan melakukan pemboran eksplorasi. Pemboran eksplorasi ini bertujuan untuk mengurangi risiko sisi hulu pengembangan panas bumi agar harga jual listrik panas bumi bisa menjadi lebih murah.

Pelaksana pemboran eksplorasi adalah Badan Geologi melalui Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) dengan pembiayaan dari APBN.

Baca Juga  Selain Bersih, Panasbumi Penting untuk Kedaulatan Energi

Tinjauan Geosains Cisolok

Tinjauan geosains pada potensi panas bumi Cisolok meliputi tiga kajian yaitu geologi, geokimia dan geofisika (survei 3G).

Sistem struktur Cisolok merupakan sistem sesar kemungkinan merupakan fluid pathways terdistribusi pada zona transtension. Kemudian sistem ini berkembang menjadi sesar sinistral-strikeslip pada arah NE-SW dan dekstral pada arah N-S. Dominasi batuan vulkanik menjadi bagian dari wilayah sekitar sungai Cisolok dan ditemukan alterasi (ubahan) batuan di beberapa titik tinjau.

Manifestasi mata air panas Cisolok-Cisukarame memiliki suhu antara 90 – 100 derajat-C, dengan pH air ~8, dan laju air rata-rata 10 liter per-menit. Jenis fluida panas bumi Cisolok adalah Asam Bikarbonat (HCO3) yang berasosiasi dengan air Klorida (Cl). Dari perhitungan geo-thermometer air temperatur reservoir sekitar 160 – 200 derajat-C.

Jika melihat karakteristik dari fluidanya, zona reservoir dan upflow sistem kemungkinan terletak di bawah Cisukarame. Sedangkan, Cisolok walaupun menunjukkan manifestasi yang sangat luar biasa kemungkinan hanya zona outflow.

Konseptual Model Cisolok Cisukarame (Iqbal dkk, iigc2018)

Konseptual Model Cisolok Cisukarame (Iqbal dkk, iigc2018)

Potensi Wisata Air Panas Cisolok

Selain potensi listrik, Cisolok memiliki potensi untuk berkembang menjadi pusat wisata air panas di Sukabumi. Dengan debit air yang tinggi, sumber daya air panas di Cisolok sangat melimpah.

Baca Juga  PLTP Lumut Balai Mulai Beroperasi

Potensi pengembangan wisata pemandian air panas, perhotelan dan spa menjadi sangat terbuka dan menjanjikan dari sisi sumber daya ditambah dengan wilayah sekitar Cisolok masih sangat asri dan hijau.

Kampung Adat Ciptagelar, Cisolok, Sukabumi

Selain mata air panas, potensi wisata wilayah Cisolok sangat tinggi. Jika perjalanan di tempuh dari arah Palabuan Ratu maka wisatawan akan disuguhi garis pantai hampir di seluruh perjalanannya diantaranya Pantai Palabuan Ratu, Karang Hawu dan Cibangban. Selain wisata pantai, di Kecamatan Cisolok terdapat Kampung Adat Ciptagelar yang telah berdiri hampir 650 (hn).

 

Berita ini 226 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Panasbumi Suplai 30 Persen Kebutuhan Listrik Sulawesi Utara dan Gorontalo
ADPPI Minta Pemda Bantu Kawasan Panas Bumi

Berita

ADPPI Minta Pemda Bantu Kawasan Panas Bumi Terdampak PPKM Darurat
Potensi Panas Bumi Cisolok

Berita

Tenaga Panas Bumi Pancarkan Geyser Cisolok di Sukabumi

Berita

Tesso, Perusahaan Pendukung Kegiatan Panas Bumi Bagikan Disinfektan

Berita

Danau Linow, Cekungan Air Nan Indah di Kawasan PLTP Lahendong

Berita

Masyarakat NTT Berharap Proyek Panasbumi di Flores Segera Direalisasikan

Berita

PGE Karaha Realisasikan Biaya “Community Development” Rp 830 Juta

Berita

Menengok Tomohon, Kota Panas Bumi di Indonesia Timur