Home / Data

Jumat, 16 November 2018 - 13:24 WIB

Potensi Panasbumi Brawang Buaya dan Dolok Perkirapan Aceh

PABUMNews- Potensi panasbumi Brawang Buaya, Kabupaten Aceh Tamiang, Provinsi Aceh, memliki sumber daya spekulatif 25 MW. Lapangan panasbumi ini boleh dibilang masih terbuka.

Brawang Buaya dapat dicapai dengan perjalanan darat menggunakan roda empat. Jaraknya sekitar 300 km dari Kota Banda Aceh atau 125 km dari Kota Medan.

Panasbumi di sini di antaranya dicirikan dengan munculnya mata air panas dengan temperatur antara 50 – 55°C yang bertipe klorida – bikarbonat.

Sementara secara geologis, Brawang Buaya berada di lingkungan lava andesit kuarter dan aliran piroklastik Gunung Lembu. Struktur utama berarah barat laut tenggara dan sesar normal. Sumber panas diperkirakan berasal dari sisa panas Gunung Lembu. Air panas ini berada di pinggir Sungai Kalue yang keluar melalui celah batu pasir.

Baca Juga  Menteri ESDM Luncurkan Buku Potensi Panasbumi 2017

Dolok Perkirapan

Lokasinya berada di Kabupaten Gayo Lues dengan sumber daya spekulatif 25 MW. Lapangan panasbumi Dolok Perkirapan berjarak sekitar 35 km dari Kecamatan Blangkejeren.

Temperatur bawah permukaan berdasarkan penghitungan geothermometer sebesar 95 – 125 derajat C. Litologi Dolok Perkirapan terdiri atas aliran Piroklastik dan Lava Andesit dari produk Gunung Lawes yang berumur Kuarter serta Lava Andesit dan Aliran Piroklastik Tersier.

Baca Juga  Pembangkit Panas Bumi Pertama Di Seluruh Dunia

Potensi panasbumi di lapangan ini di antaranya dicirikan dengan keberadaan mata air panas dengan suhu antara 60 – 65 derajat Celcius. Air panas ini memiliki pH 5,5 – 6,0 yang bertipe klorida bikarbonat, geotermometer fluida sekitar 95 – 125°C. (es dari Buku Potensi Panas Bumi Indonesia Jilid I))

Berita ini 118 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Data

Daftar Badan Usaha Dikenakan Bonus Produksi Panas Bumi Kepada Daerah Penghasil

Data

Panasbumi Gunung Geureudong

Data

WKP Panasbumi Jaboi Kota Sabang

Data

Profil WKP Seulawah Agam Aceh

Data

Panasbumi di Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh

Data

Potensi Panasbumi Gunung Kembar
Pembangkit Panas Bumi Pertama

Berita

Pembangkit Panas Bumi Pertama Di Seluruh Dunia

Data

Potensi Panasbumi Meranti, Silih Nara dan Simpang Balik Aceh