Home / Tokoh

Selasa, 5 September 2017 - 20:55 WIB

Prijandaru Efendi, Banyak Menimba Pengalaman di Sejumlah Perusahaan

Prijandaru Efendi (sumber foto: Supreme Energy)

PABUMNews- Berbagai pekerjaan dan jabatan penting di beberapa perusahaan besar, baik nasional maupun internasional, telah dilakoni. Itulah Prijandaru Efendi yang kini menjabat sebagai Vice President Relations and Safety Health Environment PT Supreme Energy.

Setelah mengantongi Sarjana Teknik dari Universitas Trisakti, Prijandaru memulai karirnya sebagai Petroleum Engineer di Asamera Oil pada tahun 1993. Lima tahun berkarir di Asamera, Prijandaru kemudian bergabung dengan Gulf Resources Ltd dan memegang jabatan sebagai Manajer Pengembangan Bisnis Internasional pada tahun 1997. Keuletannya dan skilnya yang bagus membuat karirnya di perusahaan barunya cukup bagus. Pada tahun 2002 ia kemudian dipercaya menjadi Manajer Pemasaran Gas.

Setelah Gulf Resource diakuisisi oleh ConocoPhillips Indonesia, dia diberi tanggung jawab lebih besar dalam jabatannya, yakni menangani pemasaran gas baik domestik maupun internasional.

Rupanya Prijandaru orang yang tak betah berlama-lama di sebuah perusahaan. Setelah beberapa tahun di ConocoPhillips Indonesia, ia kemudian bergabung dengan Magma Nusantara (Star Energy) pada tahun 2005 sebagai Sr. Manager Commercial & Operation Support. Di perusahaan ini ia memimpin negosiasi dengan PLN untuk penjualan listrik ekspansi Wayang Windu.

Baca Juga  Mengenal Yudo Dwinanda Priaadi, Dirjen EBTKE Baru Pengganti Dadan Kusdiana

Namun hanya dua tahun ia di Magma Nusantara. Ketika PT Supreme Energy berdiri pada tahun 2007, ia bergabung dengan perusahaan pimpinan Supramu Santosa tersebut dan memegang jabatan sebagai Vice President Relations and Safety Health Environment.

Jam terbangnya yang cukup lama di bidang gas dan pergaulannya yang supel sehingga memiliki banyak jaringan, jabatan Vice President Relation memang layak dibebankan kepada Prijandaru.

Namun di sisi lain, dengan jabatannya itu, lelaki bergelar Magister Teknik dari Tulsa University, Oklahoma, Amerika Serikat ini pun harus hadir dalam berbagai peristiwa penting yang terkait dengan perusahaannya. Tahun 2012, ketika PT Supreme Energy tengah melakukan eksplorasi panasbumi Muara Laboh di Kabupaten Solok Selatan, berbagai peristiwa terjadi, di antaranya demo sejumlah warga yang menolak kegiatan eksplorasi tersebut.

Prijandaru hadir ke tengah pendemo untuk memberikan jawaban dan penjelasan apa itu eksplorasi panasbumi dan apa pentingnya energi panasbumi untuk listrik. Akhirnya, setelah melewati masa-masa sulit dengan berbagai rintangan, akhirnya sekarang PT Supreme bisa melakukan eksploitasi panasbumi di Muara Laboh.

Baca Juga  Skema Baru Lelang WKP Panasbumi Menjaring Pengembang yang Punya Uang

 

Peduli pendidikan

Prijandaru melihat bahwa Indonesia kaya sekali akan potensi energi panasbumi yang bisa dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan, terutama energi listrik. Namun di sisi lain, teknologi dan SDM di bidang panasbumi masih belum mencukupi kebutuhan. Hal itu amat dirasakan oleh PT Supreme Energy sebagai pelaku langsung dari pengusahaan panasbumi.

Oleh karena itu, Prijandaru mencoba menjembatani kebutuhan perusahaan dengan dunia pendidikan. Tahun 2013 terbentuklah kerjasama antara PT Supreme dengan Universitas Andalas terkait bidang pendidikan, penelitian dan pengembangan energi dan kebumian.

MOU kerjasama ini ditandatangani oleh Rektor Unand Dr. H. Werry Darta Taifur, SE, MA dan Prijandaru Effendi sebagai Vice President Relations dan SHE PT.Supreme Energy Muara Laboh. Pada kesempatan itu hadir pula Gubernur Sumatera Barat Prof.Dr. H. Irwan Prayitno, Psi, MSc. (ES)

Berita ini 565 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Tokoh

Pri Utami, Duta Geothermal Dunia dari Indonesia

Berita

Meniti Karier Sejak 1985, Djoko Abumanan Kini Jadi Pimpinan Tertinggi PLN

Berita

Nicke Widyawati dan Komitmen Pertamina Kembangkan Panasbumi

Tokoh

Profil Dadan Kusdiana, Dirjen EBTKE Kementerian ESDM Berikut Tanggung Jawabnya dalam Pengembangan Panas Bumi

Tokoh

Ganti Ignasius Jonan, Ini Salah Satu Tugas Arifin Tasrif sebagai Menteri ESDM

Tokoh

Nenny Miryani Saptadji: Panasbumi Merupakan Solusi
arcandra

Tokoh

Arcandra Tahar, Sumber Energi Panasbumi Stabil dan Tidak Terpengaruh Cuaca

Tokoh

Profil Ilen Kardani, Direktur Pengembangan dan Eksplorasi PT Geo Dipa Energi yang Baru, Pecinta Golf dan Budaya Sunda