Home / Berita

Kamis, 25 April 2019 - 14:31 WIB

Proyek PLTP Unit II Dieng dan Patuha Dimulai, Geo Dipa Bisa Terangi 540.000 Rumah Tahun 2023

Direktur Utama Geo Dipa Energi Riki F Ibrahim saat peresmian groundbreaking PLPT Unit II Dieng dan Patuha, di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (25/4/2019). (foto : Istimewa)

PABUMNews– PT Geo Dipa Energi memulai pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) Unit 2 Dieng Jawa Tengah dan Unit 2 Patuha, Jawa Barat, masing-masing berkapasitas 60 MW.

Groundbreaking pembangunan kedua PLTP tersebut dilakukan secara simbolis di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (25/4/2019). Hadir dalam kesempatan itu Menteri Keuangan Sri Mulyani dan sejumlah pejabat terkait.

Direktur Utama PT Geo Dipa Energi, Riki F Ibrahim, dalam sambutannya mengatakan, pembangunan PLTP unit 2, Dieng dan Patuha 2 ditargetkan rampung pada 2023. PLTP ini merupakan bagian dari megaproyek 35 ribu MW yang merupakan program pemerintah di sektor pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan.

Baca Juga  Masyarakat Solok Selatan Kini Miliki Gelora Energy, Hibah dari Perusahaan Panas Bumi

Jika Dieng Unit 2 dan Patuha Unit 2 sudah beroperasi, maka kapasitas produksi Geo Dipa menjadi 270 MW. Dengan kapasitas tersebut, maka produksi listrik Geo Dipa bisa menerangi sekitar 540.000 unit rumah dan mengurangi emisi karbon sekitar 1,7 juta ton per tahun atau meningkat 2 kali lipat dari tahun 2019.

“Kemudian dari sisi kontribusi terhadap penerimaan negara, Geo Dipa saat ini memberikan pajak dan PNBP (Penerimaan Negara Bukan Pajak) hampir Rp 40 miliar. Pada tahun 2023, kontribusi tersebut akan meningkat hingga 182 persen,” jelas Riki.

Baca Juga  Sulawesi Utara, Provinsi dengan Pemanfaatan Panasbumi Cukup Maju

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, Indonesia menargetkan bauran energi 23% pada tahun 2025 dari energi baru dan terbarukan. Geo Dipa sendiri memiliki potensi kapasitas hingga 1.000 MW namun hingga sekarang baru tercapai 120 MW.

“Oleh karena itu proyek Patuha 2 dan Dieng 2 diharapkan bisa mendorong tercapainya target bauran energi tersebut,” katanya.

Ditambahkannya, pembangunan PLTP Unit II Dieng dan Patuha juga untuk memenuhi kebutuhan listrik yang terus meningkat, selain sebagai langkah yang turut mendukung komitmen global dalam mengurangi perubahan iklim. (es)

Berita ini 117 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

PLTP Indonesia akan Mencapai 5.240 MW, Posisi Nomor Satu Dunia di 2026

Berita

Pertamina Forum Energy 2017, Gali Pemikiran Pengembangan Energi Terbarukan

Berita

Antisipasi Covid-19, Layanan Tatap Muka ESDM Dialihkan ke Sistem Online

Berita

Kamojang, Wisata Panas Bumi dengan Suguhan Beragam Kawah

Berita

Saham Austindo Nusantara di Darajat, Dilepas ke Star Energy

Berita

Mengenal 12 Titik Potensi Panas Bumi Sulawesi Barat

Berita

ADPPI Usulkan Sosialisasi Panas bumi di Daerah Penghasil Panasbumi dari Bonus Produksi dan DBH

Berita

Bali Bersiap Jadi Pulau Bersih Ramah Lingkungan