Home / Berita

Rabu, 29 November 2023 - 12:36 WIB

PT PGE Tbk Raih ISO 22301:2019 dari The British Standard Institution

PABUMNews – Perusahaan panasbumi PT Pertamina Geothermal Energy  (PGE) Tbk memperoleh sertifikasi ISO 22301:2019 dari The British Standard Institution (BSI) untuk kategori Bisnis Continuity Management System (BCMS).

Direktur Keuangan PGE Nelwin Aldriansyah mengatakan, sertifikasi ISO 22301:2019 berlaku efektif sejak 14 November 2023.

Sertifikat diterima oleh Nelwin mewakili pihak PGE.

“Pengakuan dalam bentuk ISO 22301:2019 ini menjadi stimulus positif bagi kami dalam menjalankan operasional bisnis secara berkelanjutan ke depannya. Pengakuan ini menjadi semangat kami untuk menjalankan seluruh sistem manajemen operasional dengan baik guna menyediakan energi bersih yang andal dan terjangkau bagi seluruh masyarakat Indonesia,” kata Nelwin dikutip Rabu, 29 November 2023.

Di sisi lain, lanjut Nelwin, sertifikasi ISO ini merupakan pengakuan yang mendorong manajemen Perseroan semakin terpacu untuk lebih baik ke depannya.

Baca Juga  "Pangalengan Bangkit" Demo PT Star Energy

Adanya pengakuan ini, kata Nelwin, membuktikan bahwa PGE sudah mengimplementasikan standar untuk mengantisipasi semua dampak yang dapat terjadi akibat insiden disruptif.

“Insiden itu bisa berupa kondisi di luar normal yang berpotensi besar untuk menghentikan proses bisnis kritikal organisasi. Dalam hal ini bisa membuat keberlangsungan usaha PGE dapat dijaga dan tetap beroperasi pada kondisi yang dapat diterima serta tuntutan para pemangku kepentingan dapat terpenuhi,” tuturnya.

Pemberian sertifikasi ISO 22301:2019 dilakukan lewat tahapan evaluasi dengan standar tinggi.

Indikator penilaiannya meliputi pemahaman bisnis, kepemimpinan, perencanaan kesinambungan bisnis, evaluasi kinerja yang terencana, serta peningkatan efektivitas business continuity management system perusahaan.

Selain PGE, beberapa perusahaan Grup Pertamina juga mendapatkan sertifikasi ISO 22301:2019, diantaranya PT Pertamina (Persero), PT Pertamina International Shipping, dan PT Pertamina Power Indonesia.

Baca Juga  PT PII Dukung Geo Dipa Bangun PLTP Dieng dan Patuha Unit II

Tentang PT Pertamina Geothermal Energy Tbk

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) (IDX: PGEO) merupakan bagian dari Subholding Power & New Renewable Energy (PNRE) PT Pertamina (Persero) yang bergerak di bidang eksplorasi, eksploitasi, dan produksi panas bumi.

Saat ini PGE mengelola 13 Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP) dan 1 Wilayah Kerja Penugasan dengan kapasitas terpasang sebesar 1.877 MW.

Dari kapasitas itu, 672 MW dioperasikan dan dikelola langsung oleh PGE dan 1.205 MW dikelola dengan skema Kontrak Operasi Bersama.

Kapasitas terpasang panas bumi di wilayah kerja PGE berkontribusi sekitar 80% dari total kapasitas terpasang panas bumi di Indonesia, dengan potensi pengurangan emisi CO2 sebesar sekitar 9,7 juta ton CO2 per tahun.***

Berita ini 48 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Climeworks, Sukses Produksi Listrik dari CO2 dengan Panabumi

Berita

Ketua API: Skema Feed in Tariff akan Berikan Kepastian kepada Pengembang Panas Bumi

Berita

Rekind Berkomitmen Terus Dukung Pengembangan Panasbumi

Berita

Teken MOU dengan AGIL, PGE Siap Kembangkan Panas Bumi Longonot Kenya 140 MW

Berita

Buka IIGCE 2023, Wapres Maruf Amin Ingatkan Dua Hal Terkait Pengembangan Panas Bumi
Pemanfaatan Langsung Panas Bumi di Islandia

Berita

Pemanfaatan Langsung Panas Bumi Untuk Industri Pengolahan Pascapanen Ramah Lingkungan

Berita

Manfaatkan Potensi EBT di Flores, Gubernur NTT Dukung Penuh PLN Kembangkan PLTP Ulumbu

Berita

Indonesia Kini Negara Terbesar Kedua dalam Panasbumi