Home / Berita

Kamis, 2 Mei 2019 - 16:32 WIB

Selain Kaya Aspal, Buton Utara Juga Memiliki Potensi Panasbumi

Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (foto: esdm.go.id)

PABUMNews- Kabupaten Buton Utara, Provinsi Sulawesi Tenggara, yang menjadi daerah otonom (kabupaten) baru sejak tahun 2007, terus berupaya menggali potensi sumber daya alamnya. Dari data Pemkab Buton Utara, daerah ini memang memiliki banyak potensi sumber daya alam, di antaranya bahan tambang berupa aspal, minyak bumi dan emas.

Selain potensi tambang, Buton Utara juga diduga menyimpan potensi energi panasbumi. Bupati Buton Utara, Abu Hasan, mengatakan, potensi panasbumi ditemukan di sepanjang pantai timur dari Desa Bubu, Kecamatan Kambowa, ke Buranga, Kabupaten Bonegunu.

Baca Juga  Pilot Project Government Drilling Wae Sano Ditolak Sebagian Warga, Bank Dunia Segera Beri Tanggapan

“Penelitian belum dilakukan untuk mengeksplorasi potensi energi panas bumi Buton Utara yaitu panas yang dihasilkan di bawah permukaan bumi untuk berfungsi sebagai sumber energi alternatif di masa depan,” katanya seperti dirilis Antara Rabu (1/5/2019).

Ditambahkannya, potensi panasbumi di Desa Bubu dicirikan dengan munculnya mata air panas dan gas belerang. Air panas dan belerang ditemukan juga di sekitar Buranga. Air panas di daerah ini membentang seluas 60 meter per persegi, melepaskan gas belerang yang berlimpah.

Baca Juga  Bisakah 30 MW Mengobati Luka Sejarah Karaha?

Abu Hasan mengatakan, pihaknya kini sedang mencari investor untuk menggali potensi-potensi di Buton Utara, termasuk potensi panasbumi. Ia mengakui Pemkab Buton Utara belum proaktif menarik investor yang bisa menggali potensi yang ada.

Dikutif dari psdg.bgl.esdm.go.id tahun 2012, pihak Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM, pernah melakukan kajian panasbumi di Pulau Buton pada tahun 2011. Hasil kajian menyebutkan, memang di Buton ada potensi sumber daya panasbumi. Penelitian itu juga menyatakan, lapisan reservoir di Pulau Buton terdapat di kedalaman lebih dari 450 meter . (es)

Berita ini 1,206 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

MK Tolak Permohonan Warga Bandung Soal Uji Materi Bagi Hasil Panasbumi

Berita

Menteri Perdagangan Selandia Baru David Parker Hadiri Acara Panas Bumi DIIGC 2020 di Jakarta, Ini Tujuannya

Berita

PT SERD Berdayakan Kaum Perempuan Lewat Kopi

Berita

Kementerian ESDM Abadikan Subroto dalam Penghargaan Pejuang Energi

Berita

Inilah 22 Titik Potensi Panasbumi di Sulawesi Tengah

Berita

Kadin Sebut Regulasi Berubah-ubah Perburuk Investasi EBT di Indonesia

Berita

Pemerintah Respon Gelombang Protes  PLTP Baturaden
ESDM Menawarkan WPSPE Cipanas

Berita

ESDM Menawarkan WPSPE Cipanas