Home / Berita

Senin, 26 Juli 2021 - 10:19 WIB

Serikat Pekerja PLN Grup Tolak PGE Pimpin Holding Panas Bumi

Serikat Pekerja PLN Grup

Serikat Pekerja PLN Grup

PABUMNews – Serikat Pekerja PLN Grup, Persatuan Pekerja Indonesia Power dan Serikat Pekerja PJB, menolak Pertamina Geothermal Energy (PGE) untuk memimpin holding panas bumi.

Terkait holding BUMN tersebut, Serikat Pekerja PLN Grup akan mengadakan konfrensi pers pada hari Selasa, 27 Juli 2021 jam 10.00 WIB secara daring, untuk menolak privatisasi pembangkit listrik serta menolak penunjukan PGE sebagai pimpinan holding panas bumi.

Dasar penolakan holding BUMN tersebut adalah merujuk pada pertimbangan hukum Mahkamah Konstitusi terkait dengan putusan judicial review UU Ketenagalistrikan yang menyatakan bahwa untuk usaha ketenagalistrikan yang menjadi holding company adalah PT PLN.

Baca Juga  Warga di Daerah Penghasil Panasbumi Terbesar di Indonesia Ini, Ternyata Tak Mengerti Apa Itu Panasbumi

Holding panas bumi ini akan menggabungkan satu perusahaan BUMN dan tiga anak perusahaan BUMN, yaitu PT Geo Dipa Energi (Persero), PT Pertamina Geothermal Energy (anak perusahaan PT Pertamina (Persero), dan PT Indonesia Power serta PT PLN Gas dan Geothermal (anak perusahaan PT PLN).

Penolakan ini terkait dengan Keputusan Menteri BUMN Nomor SK-71/MBU/03/2021 tentang pembentukan tim percepatan pengembangan bisnis geothermal Indonesia, yang di tandatangani tanggal 12 Maret 2021.

Baca Juga  Ini Perintah Jokowi untuk Menteri ESDM Baru

Keputusan Menteri BUMN ini memang tidak mengatur secara pasti terkait pembentukan holding panas bumi. Namun, keputusan Menteri ini menjadi dasar pembentukan holding melalui tim percepatan.

Berdasarkan rencana dan rekomendasi, tim percepatan menjadwalkan pada bulan Juni – Agustus 2021 memasuki tahap persetujuan atas kajian bersama yang dilanjutkan dengan transaksi aset hilir PLN (PLN G&G dan Indonesia Power) kepada PGE, tthapan ini merupakan tahap ke-2 dalam proses percepatan ini.

Berita ini 346 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Potensi Energi Hijau Panasbumi di Ibu Kota Baru

Berita

Tahun 2019 Kapasitas Pembangkit EBT Bertambah 376 MW, Setengahnya Disumbang Panasbumi

Berita

Menteri LHK Siti Nurbaya: “Panasbumi Harus Dimanfaatkan Sebagai Energi Terbarukan”

Berita

Energi Panasbumi Siap Penuhi Peningkatan Kebutuhan Listrik di Halmahera

Berita

ADPPI Gelar Rapat Kerja Nasional Oktober 2018
ITB International Geothermal Workshop 2021

Berita

ITB International Geothermal Workshop 2021 Di Buka Besok

Berita

Sebanyak 25 Pemda Peroleh Bonus Produksi Panasbumi

Berita

Menkeu Minta PMN Digunakan Kembangkan EBT, Berikut Garapan PLN di Panas Bumi