Home / Berita

Senin, 1 Mei 2023 - 14:41 WIB

Target COD Tahun 2024, PLTP Blawan Ijen Pembangkit Panas Bumi Pertama di Jawa Timur

Kawah Ijen di lapangan panas bumi Blawan Ijen

Kawah Ijen di lapangan panas bumi Blawan Ijen

PABUMNews – Berbagai proyek pembangkit panas bumi terus digenjot untuk berkontribusi dalam meningkatkan bauran energi baru terbarukan (EBT) sebesar 23% di tahun 2025.
Salah satu proyek Pembangkit Listrik Panas Bumi/PLTP yang sedang dikebut produksinya adalah PLTP Blawan Ijen, yang akan menjadi pembangkit panas bumi pertama di Provinsi Jawa Timur.

Berdasarkan Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik/RUPTL PTPLN (Persero) 2021-2030, rencana pengembangan PLTP Blawan Ijen yaitu sebesar 110 MW dengan target Commercial Operation Date/COD untuk Unit 1-55 MW pada tahun 2024 dan Unit 2-55 MW pada tahun 2026.

Namun untuk Unit 1, akan dikembangkan tahap pertama sebesar 31,4 MW (Nett), sesuai hasil kegiatan eksplorasi dan studi kelayakan yang telah disampaikan oleh PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) selaku pengembang.

Baca Juga  Pembangkit Fosil Segera Tamat, PLN Andalkan Panas Bumi untuk Sistem Kelistrikan Masa Depan

Menurut Direktur Panas Bumi, Kementerian ESDM, Harris Yahya, pembangunan PLTP Blawan Ijen ini sudah berlangsung lebih dari 11 tahun sehingga diharapkan dapat berproduksi sesuai target.

IPB (Izin Panas Bumi) WKP Blawan Ijen dipegang oleh PT Medco Cahaya Geothermal (MGC), anak usaha dari PT Medco Power Indonesia (MPI).

IPB Blawan Izin telah dipegang PT MCG sejak tanggal 17 April 2015.

Tanggal 11 Oktober 2022, PT MGC telah mendapatkan persetujuan Studi Kelayakan Proyek PLTP Blawan Ijen dari Menteri ESDM.

Oleh karena itu, dengan diberikannya persetujuan tersebut, maka saat ini tahapan kegiatan PT MCG meningkat menjadi tahap eksploitasi.

Rencana eksploitasi

Harris Yahya menjelaskan, PT MCG telah merencanakan rangkaian kegiatan eksploitasi panas bumi Blawan Ijen, diantaranya akan melakukan pengeboran sumur eksploitasi (4 produksi, 2 reinjeksi dan 1 make up well); membangun fasilitas pemipaan, fasilitas pembangkit, pembangunan jaringan transmisi dan insfrastruktur pendukung lainnya seperti akses jalan, 3 wellpad, juga Drilling Water Distribution System.

Baca Juga  Sumatera Utara Tawarkan Pengusahaan Panasbumi kepada Prancis

Provinsi Jawa Timur, memiliki potensi EBT tidak kurang dari 25.542 MW yang terdiri dari PLTA, PLTB, PLTSA/Bm, PLTP dan gelombang laut.

Panas bumi sendiri memiliki kontribusi cadangan energi sebesar 1.012 MW, yang tersebar di 12 lokasi wilayah Jawa Timur. Namun dari potensi cadangan energi panas bumi ini, baru tiga WKP yang telah diusahakan secara komersial yaitu Blawan Ijen dengan rencana produksi 110 MW, Arjuno-Welirang 110 MW dan Ngebel-Wilis 165 MW.

Dari ketiganya, yang sudah menunjukkan hasil adalah Blawan Ijen. (*)

Berita ini 692 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Pemerintah Siapkan PP Pemanfaatan Langsung Panas Bumi

Berita

‘Celebrating the 11th ITB International Geothermal Workshop’
Wae Sano

Berita

Panas Bumi Wae Sano, Wakil Bupati Temui Mahasiswa

Berita

Potensi Panasbumi Sumatera Barat, Tersebar di Tujuh Kabupaten
Hasanuddin.FB

Berita

ADPPI, “Menteri ESDM Harus Gunakan Kewenangannya agar Sengketa Geo Dipa dengan Bumi Gas Selesai”

Berita

Ini 17 Pembangkit Listrik Tenaga Panasbumi (PLTP) di Indonesia

Berita

Usai Diguncang Gempa, Semburan Air Panas di Desa Oma Kejutkan Warga Ambon

Berita

Mengenal Kang Elie, Program CSR PGE Area Kamojang yang Dianugerahi Gold Champion 2023