Home / Berita

Kamis, 3 Desember 2020 - 19:05 WIB

Terobosan Baru Pemanfaatan Panas Bumi, Dua Perusahaan Ini akan Bangun PLTP Mini di Daerah Terpencil

Dr. Yunus Daud (kanan) dan Ir. Anatoria MA bersalaman usai penandatanganan kesepakatan kerjasama. (Foto: Thinkgeoenergy)

PABUMNews – Perusahaan jasa eksplorasi panas bumi nasional, PT NewQuest Geotechnology (NQ) yang didirikan pakar panas bumi Universitas Indonesia (UI), Dr. Yunus Daud, bekerjasama dengan perusahaan multinasional asal Islandia, North Tech Drilling (NTD), siap membuat babak baru pemanfaatan panas bumi di Indonesia.

Kedua perusahaan tersebut telah sepakat bekerjasama untuk mengembangkan pembangkit listrik panas bumi mini di daerah-daerah terpencil di Indonesia.

Penandatanganan kerjasama dilakukan oleh Dr. Yunus Daud dengan Managing Director NTD, Ir. Anatoria MA di kantor NQ di Depok, Jawa Barat, pada Senin (30/11/2020).

Dalam rilisnya yang dimuat situs panas bumi Thinkgeoenergy, PT NQ menyatakan, dalam kerjasama ini pihaknya akan fokus pada pengembangan pembangkit listrik tenaga panas bumi mini di daerah di mana permintaan listrik rendah tetapi sangat dibutuhkan.

“Saya melihat sisi strategis dari aliansi bisnis kami ke depan yaitu menjadi pemain utama di pembangkit listrik tenaga panas bumi T moda rendah, slim-hole dan mini. Kemitraan ini juga berkomitmen untuk meningkatkan peningkatan kapasitas sumber daya manusia panas bumi Indonesia, sejalan dengan program NQ melalui NQ Academy dalam mendukung Pemerintah Indonesia yang kini sedang menuju penghasil tenaga panas bumi terbesar di dunia,” kata Yunus Daud usai penandatanganan.

Baca Juga  Lapangan Panas Bumi Besar Sudah Habis? Simak Webinar IndoEBT Kamis (13/8)

Selain pada pengembangan pembangkit panas bumi mini di daerah, kerjasama NQ dengan NTD juga akan mengembangkan teknologi penyimpanan energi dan teknologi penangkapan CO2 dari industri yang mengeluarkan emisi di Indonesia.

NewQuest didirikan Yunus Daud pada tahun 2011 dan fokus pada kegiatan eksplorasi geothermal. Dalam 9 tahun ini, perusahaan ini sudah melakukan beragam kegiatan studi, survey 3G sampai well targeting di 42 area panas bumi.

September 2020 lalu, NewQuest meraih penghargaan Best Geothermal Service Company dalam moment IAGI Exploration Award dari Ikatan Ahli Geologi Indonesia.

Diketahui, IAGI Exploration Awards 2020 merupakan ajang pertama di Indonesia yang memberikan penghargaan atas prestasi eksplorasi sumber daya alam bumi, termasuk panas bumi.

“Kami sangat berterima kasih atas kemitraan ini karena ini adalah penerimaan internasional atas apa yang telah dicapai dan dilakukan NQ. Kerja sama ini ditandatangani dua bulan setelah NQ memenangkan Indonesia Geologist Association (IAGI) Exploration Awards 2020. Bagi NQ ini merupakan suatu kehormatan, kebanggaan dan terutama kesempatan untuk berbuat lebih banyak untuk pengembangan panas bumi di Indonesia dan negara lain,” tambah Yunus Daud.

Baca Juga  Tekan Dampak Lingkungan, Ini Upaya GDE Eksplorasi WKP Arjuno Welirang dan Umbul Telomoyo

Sementara itu, Geir Hagalinsson, CEO NTE (induk usaha NTD) mengatakan, pihaknya sangat senang dengan kemitraan antara NTD dan NQ.

Menurutnya, peraturan baru Indonesia di bidang energi terbarukan menjadi tantangan untuk memenuhi target tarif baru.

“Kami pikir ini adalah arah yang benar dari pemerintah Indonesia dan mendorong perusahaan untuk melihat keluar dari kotak dengan mengurangi biaya dan membawa peralatan pembangkit listrik baru yang memiliki efisiensi lebih tinggi dan biaya lebih rendah baik saat memasang maupun mengoperasikan,” ujarnya.

Dalam praktiknya ke depan, pengembangan panas bumi yang dilakukan oleh NQ dan NTE akan menggunakan pengeboran panas bumi mini dengan melibatkan masyarakat lokal agar bisa membangun usaha kecil dalam rangka meningkatkan penciptaan nilai. (es)

Berita ini 145 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Panasbumi dalam 3 Tahun, Kapasitas Naik PNPB Pun Lampaui Target

Berita

IndoEBTKE ConEx 2017 Digelar Mulai Hari Ini
Proyek hidrogen toyota

Berita

Toyota Mulai Produksi Hidrogen Panas Bumi

Berita

PT Bumigas Energi Mendesak Bertemu KPK dan Dua Pihak Lain Dalam Forum Resmi

Berita

Tiga Hal yang Perlu Dipikirkan Jika Terjun di Pengusahaan Energi Panasbumi

Berita

Bali Bersiap Jadi Pulau Bersih Ramah Lingkungan

Berita

Inilah Jadwal Lengkap Kegiatan “9th ITB International Geothermal Workshop 2020”

Berita

PLTP Muara Laboh Jawaban atas Sering Terjadinya Pemadaman di Solok Selatan