Home / Berita

Selasa, 1 Agustus 2017 - 20:48 WIB

“The 5th IIGCE” Dimulai Besok

PABUMNews-The 5th Indonesia International Geothermal Convention & Exhibition (IIGCE) 2017 akan dimulai besok hari, Rabu tanggal 2 Agustus 2017. Kegiatan yang direncanakan digelar selama tiga hari tersebut, 2-4 Agustus, dilaksanakan di Jakarta Covention Centre.

IIGCE merupakan kegiatan akbar di bidang panasbumi di Indonesia yang digelar setiap tahun. Kegiatan tersebut mempertemukan pemerintah, pelaku industri panasbumi, institusi pendidikan serta pihak swasta yang bergerak di bidang panasbumi.

Seperti juga IICGE ke-4 tahun 2016 lalu, agenda yang paling ditunggu dalam IIGCE 2017 adalah konferensi yang akan dibuka oleh Wakil Presiden Indonesia, Jusuf Kalla serta dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignatius Jonan serta beberapa menteri lainnya seperti Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Kegiatan menarik lainnya dalam IIGCE 2017 yang akan dimulai besok adalah penyerahan surat keputusan pemenang lelang Wilayah Kerja Panasbumi (WKP), penandatanganan amandemen perjanjian jual beli listrik, penandatanganan amandemen perjanjian jual beli uap, serta penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) tentang pengembangan panasbumi.

Baca Juga  Kiddies Pool, Wahana Baru di Objek Wisata Cipanas Garut

Selain konferensi, IIGCE 2017 juga akan diisi oleh berbagai kegiatan lain seperti exhibition, photo competition, technical papers, pre-conference workshop dan kunjungan atau field trip ke pembangkit listrik. Jika pada tahun lalu kunjungan dilakukan ke PLTP Wayang Windu, maka IIGCE kali ini menjadwalkan kunjungan ke Darajat yang juga merupakan milik Star Energy Corporation.

Launching kegiatan IIGCE sudah dilakukan pada Mei 2017 lalu di Hotel Arya Duta. Launching dibuka oleg Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kemnterian ESDM, Rida Mulyana dengan dihadiri oleh Ketua Asosiasi Panasbumi Indonesia (API) Abadi Purnomo dan para pelaku usaha di bidang panasbumi.

Berbicara saat launching, Rida berharap, kegiatan IIGCE 2017 bisa menghasilkan masukan dan ide yang konstruktif dari para pengembang panasbumi untuk mencapai target pengembangan panasbumi.

“Pemerintah juga tengah menggalakan 4 pilar yang dianggap perlu ditingkatkan untuk medukung pembangunan panasbumi yaitu sumber daya manusia, bisnis proses, finansial dan teknologi. Keberadaan sumber daya manusia panas bumi sekarang sudah mumpuni untuk mengelola lapangan panasbumi,” ujar Rida saat itu.

Baca Juga  Pemkab Kukar Dorong Pemanfaatan Langsung Panasbumi

IIGCE tahun ke-5 ini mengambil tema “Moving Forward Under Current Chalenges, Obstacles and Opportunities Toward Achieving Geotermal Depelovment 2025 Target.” Dengan tema itu, seperti diungkapkan Ketua API, Abadi Purnomo, saat launcing pada Mei lalu, API mendukung pembangunan dan pengembangan pemanfaatan energi panasbumi yang ditergetkan pemerintah tahun 2025.

Sementara itu, dalam kegiatan konferensi akan hadir beberapa sosok penting, di antaranya Dr. Ir. Agus Hermanto, MM., Wakil Ketua Bidang Industri dan Pengembangan DPR RI, kemudian Menteri ESDM Ignasius Jonan, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan pembicara keempat adalah Supramu Santosa dari PT. Supreme Energi.

Kehadiran Supramu dalam konferensi cukup menarik. Pasalnya perusahaan yang dipimpinnya merupakan perusahaan swasta pribumi pertama di Indonesia yang berhasil mengembangkan  panasbumi. Supramu akan memaparkan tema Menciptakan Daya Tarik Investasi di Sektor Panasbumi. Pembicara lainnya adalah Dirjen EBTKE, Rida Mulyana. (Harry)

Berita ini 21 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Panasbumi Suoh Lampung dan Keramik Belerang di Gunung Ratu
Sarulla Geothermal Power

Berita

Bermitra di PLTP Sarulla, Kini Medco dan Ormat Bermitra Pula di Proyek Panasbumi Ijen

Berita

Prijandaru : Pemerintah Harus Lakukan Banyak Hal Agar Investasi Panasbumi Menarik

Berita

Investasi Panasbumi Indonesia Tahun 2018 Diproyeksikan Rp 22,23 Triliun

Berita

Rekind Berkomitmen Terus Dukung Pengembangan Panasbumi

Berita

Peristiwa Lapindo Tak akan Terjadi pada Pembangunan PLTP

Berita

Listrik Panasbumi Baru 4,9 Persen

Berita

Selandia Baru Terus Dukung Pengembangan Energi Panas Bumi di Indonesia