Agus Hermanto: Indonesia Mutlak Memerlukan Energi Panasbumi

Agus Hermanto: Indonesia Mutlak Memerlukan  Energi Panasbumi
Wakil Ketua DPR RI Agus Hermanto

PABUMNews- “BAGI Indonesia, pengembangan energi panasbumi mutlak diperlukan jika ingin mencapai tujuan nasional untuk ketahanan energi dan menjadi produsen tenaga panasbumi terbesar di dunia.”

Kata-kata itu diungkapkan Agus Hermanto saat pertemuan dengan Wakil Ketua Parlemen Turki Ahmet Aydin dan Ketua Group Kerjasama Bilateral Turki – Indonesia, Hamza Dag, di Gedung Parlemen Turki, Ankara, Selasa (10/10/2017) lalu.

Bagi Agus Hermanto, Turki merupakan mitra Indonesia dalam pengembangan panasbumi. Oleh karena itu, ia datang ke negara itu untuk lebih membukakan pintu kerjasama RI-Turki dalam bidang panasbumi.

Agus Hermanto adalah Wakil Ketua DPR RI yang dinilai memiliki komitmen tinggi atas penggunaan energi panasbumi untuk menunjang ketahanan energi nasional.

Oleh karena itu, politisi asal Jawa Tengah kelahiran Semarang 20 Mei 1956 ini, cukup getol mengamati pengusahaan energi panasbumi di negara lain. Sebelum ke Turki, pada Agustus lalu ia dan sesama anggota DPR RI lainnya terbang ke Islandia untuk melihat teknologi panasbumi di belahan dunia yang dingin itu.

Menurut Agus, di Islandia ada yang harus dicontoh oleh negara-negara lain terkait panasbumi, yakni berdirinya sebuah lembaga penelitian panasbumi yang hebat.

Di Islandia, katanya, penelitian geothermal telah dimulai sejak 1945 di bawah instansi pemerintah. Kini Islandia Geo Survey, lembaga negara yang menangani survei panasbumi, melanjutkan penelitiannya sebagai lembaga negara independen.

“Kemajuan pengusahaan panasbumi di Islandia, karena di negara tersebut ditopang oleh lembaga otonom yang hebat dalam menangani panasbumi. Pusat penelitian yang hebat adalah kunci untuk memperbaiki pemahaman mengenai geothermal, serta dapat menurunkan tingkat risiko dalam kegiatan eksplorasi, eksploitasi dan pemanfaatan,” katanya.

Menurut Agus, energi panasbumi merupakan energi yang menjanjikan bagi Indonesia. Indonesia merupakan pewaris harta karun sumber daya alam panasbumi yang terbesar di dunia. Oleh karena itu jika tidak memanfaatkannya, kehidupan berbangsa dan bernegara ini menurutnya tidak lengkap.

Lepas dari komitmennya terhadap panasbumi, Agus Hermanto merupakan anggota DPR yang memiliki basis massa yang kuat. Tak heran jika suami dari Istha Saraswati dan ayah dari empat anak ini, berhasil menjadi anggota DPR RI untuk ketiga kalinya hingga periode sekarang. Kini ia tinggal di rumah dinas DPR RI di Blok A-2 Ulujami, Jakarta Barat bersama keluarganya.

Agus menempuh pendidikan SMA di SMAN 1 Ungaran, kemudian melanjutkan S-1 ke Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN) Jakarta dan menempuh S-2 di Institut Pengembangan Wiraswasta Indonesia (IPWI), Jakarta.

Sebelum menjadi anggota DPR RI, Agus adalah PNS di Departemen Perindustrian dan Perdagangan (Deperindag). Jabatan terakhirnya adalah Kepala Sub Bidang Peraturan dan Perlindungan Konsumen. Ia sempat mendapat anugerah Lencana Kesetiaan 10 Tahun dari Deperindag. (es)