Home / Featured

Senin, 1 Oktober 2018 - 11:12 WIB

Uap Panasbumi dan Air Panas Cisolok Sukabumi

foto :Wisatatanah Air

PABUMNews- Setidaknya ada dua hal yang membedakan objek wisata air panas Cisolok Sukabumi, Jawa Barat, dengan wisata air panas lainnya di tanah air. Pertama, air panas Cisolok tidak keluar dari gunung api sehingga airnya tak mengandung belerang. Kedua, lokasinya tidak berada di kawasan gunung melainkan di kawasan pantai (Pelabuhan Ratu).

Dua hal tersebut sangat memungkinkan objek wisata ini lebih berkembang pesat dari objek wisata air panas lainnya, apalagi pengelola objek wisata Cisolok bisa memanfaatkan popularitas Pelabuhan Ratu yang jaraknya berdekatan.

Lepas dari itu, kian hari para pengunjung ke objek wisata air panas Cisolok kian ramai, apalagi jika suasana liburan.

Kreativitas pengelola objek wisata Cisolok pun patut diacungi jempol. Tiga titik sumber air panas yang berada di Sungai Cisolok, direkayasa sedemikian rupa sehingga membentuk air mancur yang memancar keras ke atas. Lubang tempat keluarnya upa panas dari perut bumi di sungai itu, mereka persempit. Karena kuatnya desakan uap, akhirnya uap itu menyemprotkan air setinggi kurang lebih dua meteran. Ada tiga air panas yang memancar di Sungai Cisolok, dan semuanya berkat intervensi kreatif pengelola sehingga menambah keunikan air panas Cisolok.

Baca Juga  Geo Dipa Ditugaskan Lakukan Pengeboran 8 WKP dalam Program Government Drilling

Objek wisata air panas Cisolok berjarak sekitar 15 – 16 kilometer dari Pantai Pelabuhan Ratu. Suasana sepanjang jalan menuju Cisolok pun memberikan sensasi tersendiri. Pengunjung Pelabuhan Ratu yang akan menuju Cisolok, bisa melewati area wisata Pantai Karanghawu, kemudian Citepus, dan Cibangban. Setelah sampai di Simpang Tiga cisolok, ambilah arah kanan, maka beberapa saat kemudian Anda akan sampai tempat parkir.

Ada dua tempat di objek wisata air panas Cisolok yang bisa Anda pilih. Jika Anda ingin menikmati air mancur, bisa memilih sungai. Di sini Anda akan berbaur dengan pengunjung lainnya menikmati hangatnya air panas Cisolok. Satu hal yang harus Anda ingat, karena air mancur tersebut suhunya mencapai 80 derajat Celcius, maka jangan coba-coba mendekatinya jika tak ingin kulit Anda melepuh. Berenanglah di aliran sungai agar aman.

Kemudian bagi Anda yang ingin menikmati suasana agak lebih pribadi, rileks dan berhaha hihi dengan anggota keluarga saja, bisa masuk kolam yang ada di tempat itu. Tiketnya murah dan dijamin terjangkau dengan dompet Anda.

Di Cisolok pun sudah ada berbagai fasilitas umum, di antaranya mushala, jamban, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Bahkan, di sana tersedia terapi pengobatan dengan memanfaatkan air panas alami. Caranya, tubuh Anda disemprot dari kepala hingga kaki. Fasilitas ini dijamin memberikan kebugaran terhadap tubuh Anda, tak ubahnya massage.

Baca Juga  Keunggulan Panasbumi di Indonesia di Mata ADB

Ada satu lagi yang tak ada di tempat lain. Di Cisolok ada rebus telur yang masak dengan air sungai. Saking panasnya air Sungai Cisolok, telur tersebut matang dan bisa dimakan langsung.

Seperti tadi diulas, air panas Cisolok tak mengandung belerang. Pasalnya, air panas ini berasal dari geyser aliran Sungai Cisolok. Air pnaas di aliran Sungai Cisolok terbentuk karena pemanasan dari uap panasbumi di bawahnya. Uap yang memaksa keluar dari beberapa rekahan inilah yang memanaskan air Cisolok.

Potensi energi

Selain menganugerahkan air panas, panasbumi Cisolok pun menganugerahkan potensi energi yang bisa dimanfaatkan sebagai energi listrik. Kini pengusahaan panasbumi Cisolok menjadi energi listrik sedang diupayakan oleh PT Jasa Sarana bekerjasama dengan Jasa Rekind Geothermal.

Potensi panasbumi Cisolok diperkirakan mencapai 140 MW, namun untuk sementara yang akan dikembangkan hanya sekitar 10-12 MW. Dan jika teralisasi, dengan kapasitas sebesar itu pun puluhan ribu rumah akan teraliri listrik. (es)

Berita ini 894 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Dieng dan Pesona D’Qiano Hotspring Waterpark

Berita

Air Panas Ciseeng Bogor Memang Menyegarkan

Featured

PGE Lahendong Dukung Pelestarian “Queen of the East”

Berita

Panasbumi Karangetang dan Hangatnya Air di Pantai Temboko Lehi

Featured

Kopi Geothermal dari Ibun Bandung

Featured

Tradisi Mandi Kaum Samurai dari Panasbumi Welirang

Featured

Ingin Menikmati Sensasi Mandi Sauna Panasbumi, Datanglah ke Ie Suum Aceh

Featured

Kembangkan Wisata Desa Geothermal, PGE Kamojang Revitalisasi Danau Pangkalan