Home / Berita

Jumat, 12 Oktober 2018 - 15:14 WIB

Pengembang Panasbumi Baturaden Perbaiki Objek Wisata Curug Cipendok

Pintu gerbang menuju Curug Cipendok (istimewa)

PABUMMNews- Setahun lalu, tepatnya Oktober 2017, Badan Eksekutif Nasional Asosiasi Daerah Penghasil Panasbumi Indonesia (ADPPI) sempat mengunjungi wilayah terdampak Proyek Eksplorasi PLTP Baturaden, Banyumas, Jawa Tengah. Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Curug Cipendok yang terletak di kaki Gunung Slamet.

Curug ini adalah area wana wisata yang dikelola oleh Perum Perhutani KPH Banyumas Timur bersama Pemkab Banyumas dan LMDH Cipendokmas.

Saat itu, curug ini terkena dampak lumpur proyek PLTP Baturaden yang dikelola PT. Sejahtera Alam Energi (SAE), sehingga airnya keruh pekat. Pada saat itu, kepada Hasanuddin (Ketua ADPPI), sejumlah warga di sekitar curug mengatakan, kunjungan ke Curug Cipendok berkurang sejak 6 bulan terakhir akibat airnya terdapak lumpur.

Baca Juga  Surat Menkeu Sri Mulyani terkait PLN, Bocor ke Publik

Air dari Curug Cipendok mengalir ke Sungai Prukut melalui Bendungan Andong Bang, yang terletak di Desa Karangtengah, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas.

Kini kondisi air Prukut relatif aga bersih. Kondisi sektor wisata wahana wisata Curug Cipendok pun membaik. Untuk lebih menggairahkan lagi kunjungan wisata ke Wanawisata Curug Cipendok, PT SAE bekerjasama dengan Perum Perhutani merevitalisasi kawasan Curug Cipendok.

Revitalisasi yang dilakukan sejak Juli 2018 itu dilakukan dengan memperbaiki sejumlah fasilitas dan ada beberapa penambahan.

“Kegiatan ini kami lakukan bersama Perum Perhutani selaku pengelola Wanawisata Curug Cipendok,” kata Direktur PT SAE Bregas H. Rochadi di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, seperti dirilis Antara Rabu (10/10/2018)

Baca Juga  Dirut PGE Ali Mundakir Jadi Dirut Elnusa

Menurut dia, perbaikan tersebut dilakukan oleh PT SAE sebagai kompensasi kerugian yang diderita Wanawisata Curug Cipendok selama terjadinya air keruh sebagai dampak dari proyek PLTP Gunung Slamet.

Perbaikan dilakukan terhadap dua bagian, yakni gerbang masuk Wanawisata Curug Cipendok dan “shelter” panjang untuk tempat istirahat.

Selain itu, kata dia, pihaknya melakukan penambahan wahana berupa kolam renang dan “view deck” sebagai tempat untuk berswafoto maupun mengabadikan momentum saat mengunjungi wanawisata tersebut

Bregas berharap, dengan dilakukannya perbaikan ini dapat kembali meningkatkan kunjungan wisatawan ke wisata Curug Cipendok ini. (es)

Berita ini 840 kali dibaca

Share :

Baca Juga

Berita

Peristiwa Lapindo Tak akan Terjadi pada Pembangunan PLTP

Berita

Inilah Formulasi Pelaksanaan Kegiatan Strategis Penunjang Pengembangan PLTP Berdasarkan RUEN

Berita

PLTP Sorik Marapi Unit 1 Beroperasi, PLN Berpotensi Hemat Biaya Rp 129 Miliar

Berita

Dalam Usia 13 Tahun, PGE Sumbang 94 Persen Kapasitas Panasbumi Indonesia

Berita

Bekas Pengeboran Panasbumi di Rimbo Panti Dibiarkan

Berita

Panasbumi Dieng-Patuha, Tak Putus Dirundung Sengketa (Bagian 1)

Berita

Pemerintah Bebaskan Bea Masuk Impor Barang untuk Pengusahaan Panasbumi, Ini Ketentuannya

Berita

Perusahaan Panas Bumi PT SEML Sembelih 6 Ekor Sapi Qurban untuk Warga Sekitar